Nasa beri lampu hijau untuk ekspedisi asteroid Psyche

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 13 Jun 2019 12:27 WIB

Para peneliti mengatakan bahwa Psyche memiliki inti besi-nikel dari planet awal seukuran Mars dan memiliki kunci mengenai pembentukan Bumi.

Ilustrasi penjelajah NASA

Dalam waktu kurang dari satu dekade, kita mungkin dapat mengungkap misteri seputar Psyche. Seperti diketahui, Psyche merupakan salah satu asteroid yang diyakini sebagian besar terdiri dari besi dan nikel.

Hal ini dikarenakan NASA saat ini sudah mulai bersiap-siap untuk menjelajahi asteroid tersebut. Mereka pada akhirnya memberikan misi Psyche lampu hijau untuk memasuki tahap desain dan fabrikasi terakhir.

Izin tersebut pada akhirnya membuat tim Psyche sekarang akan mulai mengembangkan rencana terperinci untuk pesawat ruang angkasa dan misi sainsnya. Mereka juga akan menyelesaikan pengujian dan perakitan pesawat ruang angkasa, seperti lapor Engadget (13/6/2019).

Psyche adalah salah satu objek paling menarik untuk dipelajari di sabuk asteroid, karena sebagian besar asteroid berbatu atau sedingin es. Itu sebabnya para ilmuwan menduga bahwa asteroid tersebut mungkin benar-benar jantung atau inti besi-nikel dari planet awal seukuran Mars, yang kehilangan lapisan terluarnya karena tabrakan hebat miliaran tahun yang lalu.

Misi tersebut berencana untuk mengukur medan magnet Psyche, serta untuk menangkap gambar resolusi tinggi yang dapat membantu mereka membedakan antara komponen logam dan silikatnya.