Nasa beri lampu hijau untuk ekspedisi asteroid Psyche

Para peneliti mengatakan bahwa Psyche memiliki inti besi-nikel dari planet awal seukuran Mars dan memiliki kunci mengenai pembentukan Bumi.

Nasa beri lampu hijau untuk ekspedisi asteroid Psyche Ilustrasi penjelajah NASA

Dalam waktu kurang dari satu dekade, kita mungkin dapat mengungkap misteri seputar Psyche. Seperti diketahui, Psyche merupakan salah satu asteroid yang diyakini sebagian besar terdiri dari besi dan nikel.

Hal ini dikarenakan NASA saat ini sudah mulai bersiap-siap untuk menjelajahi asteroid tersebut. Mereka pada akhirnya memberikan misi Psyche lampu hijau untuk memasuki tahap desain dan fabrikasi terakhir.


BACA JUGA

ESA bakal buka penerbangan komersial ke luar angkasa

NASA bakal adakan wisata ke luar angkasa

Mars dipastikan pernah punya air


Izin tersebut pada akhirnya membuat tim Psyche sekarang akan mulai mengembangkan rencana terperinci untuk pesawat ruang angkasa dan misi sainsnya. Mereka juga akan menyelesaikan pengujian dan perakitan pesawat ruang angkasa, seperti lapor Engadget (13/6/2019).

Psyche adalah salah satu objek paling menarik untuk dipelajari di sabuk asteroid, karena sebagian besar asteroid berbatu atau sedingin es. Itu sebabnya para ilmuwan menduga bahwa asteroid tersebut mungkin benar-benar jantung atau inti besi-nikel dari planet awal seukuran Mars, yang kehilangan lapisan terluarnya karena tabrakan hebat miliaran tahun yang lalu.

Misi tersebut berencana untuk mengukur medan magnet Psyche, serta untuk menangkap gambar resolusi tinggi yang dapat membantu mereka membedakan antara komponen logam dan silikatnya.

Misi ini juga akan menguji teknologi komunikasi laser baru NASA JPL yang disebut Deep Space Optical Communications, yang dapat mentransfer data dan gambar setidaknya 10 kali lebih cepat daripada sistem konvensional.

Dengan mengunjungi asteroid ini, para ilmuwan NASA berharap untuk mengetahui berapa umurnya dan melihat sekilas tatanan tata surya awal. Data yang dikirim kembali dapat membantu mereka memahami blok bangunan pembentukan planet dan bagaimana Bumi terbentuk.

Wahana antariksa NASA ini kemungkinan besar akan diluncurkan pada Agustus 2022, dan akan sampai di Mars pada 2023 dan akhirnya tiba di tujuannya pada 31 Januari 2026.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: