NASA bakal ajak turis ke stasiun luar angkasa

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 22 Nov 2018 14:00 WIB

Jika proposal ini disetujui, maka Elon Musk dengan SpaceX dan Jeff Bezos dengan Blue Origin mereka terancam gagal untuk bawa turis ke luar angkasa untuk pertama kalinya.

NASA

Peristiwa “Space Race”, yakni perlombaan antara Amerika dan Rusia ke luar angkasa sudah terjadi puluhan tahun lalu. Amerika akhirnya memenangkan perlombaan ini dengan Neil Amstrong untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Bulan.

Sepertinya, peristiwa ini akan kembali terjadi. Alih-alih berlomba untuk menapakkan kaki pertama kali di planet lain, kini perlombaan ini dilakukan untuk melihat siapa yang pertama dapat mengorbitkan turis dari Bumi ke luar angkasa.

Saat ini, SpaceX dan Blue Origin adalah dua perusahaan yang tengah berlomba untuk mengorbitkan turis untuk pertama kalinya. Namun siapa sangka, NASA baru-baru ini menunjukkan minat dalam perlombaan tersebut.

Engadget (20/11) melaporkan, belakangan ini NASA telah membuka kembali pembicaraan mengenai pembukaan jalur wisata ke ISS, stasiun luar angkasa mereka. Tentu saja, hal ini merupakan sebuah kabar baik.

Proposal ini sebelumnya telah diajukan oleh Jim Bridenstine beberapa tahun lalu. Sayang, proposal tersebut belum mendapatkan lampu hijau.

Tag