Mobil dengan pemindai sidik jari hadir di 2019

Oleh: Lely Maulida - Senin, 17 Des 2018 16:06 WIB

Hyundai Motor tengah mengembangkan sistem yang memungkinkan pengemudi membuka kunci mobil menggunakan sidik jari.

(Foto: Zdnet)

Teknologi sidik jari di smartphone sudah jadi hal yang biasa. Namun bagaimana jika teknologi itu diterapkan di perangkat otomotif? Hal itulah yang tengah menjadi gagasan Hyundai dalam mengembangkan produknya.

Hyundai Motor kabarnya tengah mengembangkan sistem di mobil yang memungkinkan pengemudi membuka kunci menggunakan sidik jari mereka. Selain itu, teknologi tersebut juga memungkinkan pemilik kendaraan untuk menghidupkan mobil dengan sidik jari.

Dilansir Zdnet (17/12), sistem itu akan dipasang di Santa Fe 2019. Hyundai sendiri bertujuan merilis kendaraan berteknologi sidik jari itu di China pada kuartal pertama 2019. Dalam praktiknya, pengguna bisa mendaftarkan sidik jari mereka ke mobil, sebelum akhirnya menggunakan sistem tersebut.

Pemindai sidik jarinya akan terpasang di pegangan pintu mobil. Data yang terekam dan terenkripsi itu kemudian akan didistribusikan ke sistem hingga pintu mobil bisa terbuka. 

Hyundai juga akan menyediakan pemindai sidik jari di tombol kunci mobil. Beberapa pengemudi mobil nantinya bisa mendaftarkan sidik jari mereka. Selanjutnya, mobil akan secara otomatis menyesuaikan posisi duduk serta sudut kaca spion dengan sang pengemudi. Hyundai juga berencana menambahkan pengaturan suhu khusus, kelembaban dan pengaturan kemudi.