Lexus buat iklan yang naskahnya ditulis oleh AI

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 22 Nov 2018 14:00 WIB

Meski skrip iklan berdurasi 60 detik ini diciptakan sepenuhnya oleh AI, namun Lexus tetap menggandeng sutradara berbakat untuk menggarap iklan tersebut.

Ilustrasi AI (Pixabay)

Tak dapat dipungkiri bila Artificial Intelligence (AI) saat ini telah memiliki banyak kemampuan. Memang, semenjak awal pengembangan, AI ditujukan untuk membuat pekerjaan manusia jauh lebih ringan.

Salah satu contoh kemampuan yang dimiliki AI saat ini adalah membuat sebuah iklan. Adalah Lexus, sebuah perusahaan otomotif asal Jepan yang baru saja meluncurkan sebuah iklan yang naskahnya ditulis oleh AI.

Lexus mengklaim bahwa iklan berdurasi 60 detik ini adalah iklan pertama yang dibuat oleh AI seutuhnya. Sang AI pun menamakan film ini sebagai "Driven by intuition" yang mempromosikan gagasan bahwa manusia dan mesin dapat bekerja sama untuk menawarkan pengalaman berkendara yang disempurnakan, seperti lapor Ubergizmo (20/11).

&

Skrip yang dibuat oleh AI ini kemudian disutradarai oleh Kevin Macdonald, sutradara Bafta dan pemenang Oscar yang telah mengerjakan film seperti The Last King of Scotland dan Whitney. Kevin dapat mengilustrasikan iklan ini dengan sangat sempurna.