Lexus buat iklan yang naskahnya ditulis oleh AI

Meski skrip iklan berdurasi 60 detik ini diciptakan sepenuhnya oleh AI, namun Lexus tetap menggandeng sutradara berbakat untuk menggarap iklan tersebut.

Lexus buat iklan yang naskahnya ditulis oleh AI Ilustrasi AI (Pixabay)

Tak dapat dipungkiri bila Artificial Intelligence (AI) saat ini telah memiliki banyak kemampuan. Memang, semenjak awal pengembangan, AI ditujukan untuk membuat pekerjaan manusia jauh lebih ringan.

Salah satu contoh kemampuan yang dimiliki AI saat ini adalah membuat sebuah iklan. Adalah Lexus, sebuah perusahaan otomotif asal Jepan yang baru saja meluncurkan sebuah iklan yang naskahnya ditulis oleh AI.


BACA JUGA

Paradoks enterprise data

Ilmuwan ciptakan AI yang bisa edit foto nyaris sempurna

Bos Google sebut masyarakat belum siap terima AI


Lexus mengklaim bahwa iklan berdurasi 60 detik ini adalah iklan pertama yang dibuat oleh AI seutuhnya. Sang AI pun menamakan film ini sebagai "Driven by intuition" yang mempromosikan gagasan bahwa manusia dan mesin dapat bekerja sama untuk menawarkan pengalaman berkendara yang disempurnakan, seperti lapor Ubergizmo (20/11).

&

Skrip yang dibuat oleh AI ini kemudian disutradarai oleh Kevin Macdonald, sutradara Bafta dan pemenang Oscar yang telah mengerjakan film seperti The Last King of Scotland dan Whitney. Kevin dapat mengilustrasikan iklan ini dengan sangat sempurna.

Selain membuat naskah untuk iklan, AI juga telah beberapa kali membuat karya seni lain. Beberapa di antaranya adalah membuat sebuah novel singkat bergenre misteri dan sebuah karya seni berupa lukisan.

Lantas, sejauh mana AI dapat berkembang? Yah, semoga saja perkembangan AI ini tidak sampai mengambil alih pekerjaan manusia ya!

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: