Label musik ini pakai AI prediksi artis yang bakal populer

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 11 Feb 2020 17:10 WIB

Sebuah label musik bernama Snafu Records mengklaim dapat melihat artis mana yang akan populer dalam waktu satu beberapa hari saja.

Credit : Engadget

AI pada saat ini sudah dipakai berbagai industri untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis atau para pengguna akhir. Beberapa industri yang sudah gencar menggunakan teknologi ini seperti di industri kesehatan, IT, dan beberapa industri lainnya.

Namun, belakangan ini industri hiburan seperti industri musik juga mulai banyak menerapkan AI. Beberapa artis, seperti Björk dan Arca sudah menggunakan teknologi ini untuk membuat aransemen musik baru.

Tapi yang mengejutkan adalah sebuah label baru bernama Snafu Records memiliki ide lain untuk menggunakan AI. Mereka akan menggunakan teknologi ini untuk dapat memprediksi artis mana yang akan bersinar di masa depan.

Mereka mengaku, setiap minggu mereka menggunakan algoritma untuk mengikis sekitar 150.000 trek di tempat-tempat seperti Spotify, YouTube, SoundCloud dan Tiktok. Mereka juga mempertimbangkan posting blog, tweet, dan penambahan daftar putar. Snafu mengklaim peranti lunaknya dapat mengidentifikasi artis "undervalued" dalam beberapa hari setelah mereka merilis lagu pertama mereka,.

Biasanya para ahli baru dapat mendapatkan perkiraan dalam rata-rata empat hingga enam minggu. Snafu mengklaim bahwa AI ini dapat digunakan untuk mempersempit analis mingguan menjadi 15 hingga 20 artis.