Ilmuwan berhasil ciptakan AI yang bisa tirukan lukisan

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 03 Des 2018 13:48 WIB

Para ilmuwan berhasil melakukan hal ini berkat memadukan Artificial Intelligence dengan printer 3D yang dapat membaca dan memproduksi warna dengan baik serta akurat.

Ilustrasi lukisan AI (Christie)

Karya seni, terutama lukisan merupakan sebuah barang bersejarah yang cukup ringkih. Oleh karena itu, banyak museum yang menggunakan lukisan replika untuk dipajang, sementara karya aslinya terlindung dengan baik.

Berbagai cara dilakukan untuk membuat replika lukisan. Salah satu solusinya adalah sebuah paket AI dan printer 3D yang dikembangkan oleh peneliti MIT. Mereka mengklaim, perpaduan AI dan printer 3D ini dapat membuat replika lukisan yang sangat akurat.

Menurut para peneliti, pencetakan 2D tradisional biasanya menggunakan empat tinta warna berbeda yakni cyan, magenta, kuning, dan hitam. Warna-warna ini kemudian digabungkan untuk mencoba mendapatkan warna yang Anda terpancar di layar monitor.

Namun, saat dicetak, warna yang dihasilkan akan terlihat berbeda. Untungnya, para peneliti pun menyatakan bahwa dengan teknologi printer 3D, hal ini sudah dapat diatasi dengan cukup baik.

Para peneliti dapat "menumpuk" hingga 10 jenis tinta yang bisa mencapai reproduksi warna yang lebih baik. Teknik ini mampu menghadirkan kedalaman warna. Hal ini membuat hasil salinan lukisan bisa mendekati sempurna.