Google merombak hasil pencarian untuk meminimalisir spam SEO

Oleh: Lysti Rahma - Rabu, 06 Mar 2024 13:06 WIB

Google mengumumkan bahwa pada bulan Mei mendatang, mereka akan meluncurkan pembaruan peringkat SEO yang bertujuan untuk menyaring konten berkualitas terendah dari hasil pencarian.

Menghadapi keluhan akan penurunan kualitas hasil pencariannya, Google tengah mengambil langkah besar dengan menyesuaikan algoritmanya untuk menyaring konten yang dianggap spam atau otomatis. Perusahaan teknologi raksasa ini mengumumkan bahwa pada bulan Mei mendatang, mereka akan meluncurkan pembaruan peringkat yang bertujuan untuk "menyaring konten berkualitas terendah dari hasil pencarian".

Salah satu poin penting dari perubahan tersebut adalah kemampuan Google untuk lebih baik dalam mengidentifikasi dan menghilangkan konten otomatis, khususnya konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan yang sulit terdeteksi.

Dilansir dari engadget.com (6/3), Google mengklaim bahwa langkah ini didasarkan pada pembelajaran dari penyesuaian algoritma yang dilakukan pada tahun 2022 untuk mengurangi konten yang tidak membantu atau tidak orisinal, dan sekarang diterapkan dalam pembaruan baru ini.

Perusahaan ini yakin bahwa perubahan tersebut akan mengarahkan lebih banyak lalu lintas pengguna ke "situs-situs yang membantu dan berkualitas tinggi." Dengan kombinasi pembaruan dari dua tahun lalu, Google memperkirakan bahwa revisi ini akan mengurangi hasil pencarian spam dan tidak orisinal hingga 40 persen.

"Perbaikan ini melibatkan penyempurnaan sistem peringkat inti kami untuk membantu kami dalam memahami apakah halaman web tersebut tidak membantu, memberikan pengalaman pengguna yang buruk, atau terasa diciptakan hanya untuk mesin pencari bukan untuk manusia," kata Elizabeth Tucker, direktur manajemen produk Google. "Ini termasuk situs-situs yang dibuat khusus untuk mencocokkan kueri pencarian yang sangat spesifik."