Gerhana bulan total terjadi malam ini

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 27 Jul 2018 14:40 WIB

Gerhana bulan total akan terjadi dini hari nanti (28/7) dan akan berlangsung selama 1 jam 43 menit sehingga menjadi yang terlama di abad ini

(Foto: Photograping Space)

Gerhana bulan total akan terjadi dini hari nanti (28/7). Gerhana bulan total kali ini akan berlangsung selama 1 jam 43 menit dan menjadi yang terlama di abad ke-21. Secara total, proses gerhana itu akan berlangsung selama 4 jam, saat bayangan Bumi menggelapkan tepi Bulan hingga Bulan tampak kembali seperti semula.

Sebagai pembanding, gerhana Bulan berikutnya yang terlihat dari Amerika Utara pada 21 Januari 2019 akan berlangsung hanya 1 jam 2 menit saja. Menurut NASA, gerhana matahari yang menutupi 14 negara bagian Amerika Serikat (AS) pada Agustus 2017 bahkan saat puncaknya tak lebih dari 2 menit 40 detik.

Gerhana matahari memang selalu jauh lebih pendek durasinya ketimbang gerhana bulan. Hal ini dijelaskan Kaisa Young, astronom di Nicholls State University, dikarenakan perbedaan bayang-bayang yang terlibat. 

"jika Anda memikirkannya dari perspektif luar, gerhana matahari adalah bulan kecil yang menorehkan bayangan kecil di sebuah planet besar. Gerhana bulan adalah planet besar yang menorehkan bayangan besar di bulan yang kecil," katanya.

Ketika bulan menutupi bayangan matahari dan menghalangi Bumi, umbra (area bayangan inti) hanya beberapa lusin mil lebarnya. Namun umbra Bumi sangat besar dan bulan bisa memakan waktu lama untuk melewatinya, terutama jika bulan bergerak menembus tengah bayangan.