Elon Musk dan usahanya sebarkan internet gratis lewat satelit

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Sabtu, 24 Feb 2018 10:00 WIB

Elon Musk ingin seluruh dunia terjangkau oleh internet, caranya adalah menghadirkan koneksi melalui satelit

Selasa (22/2) kemarin, SpaceX meluncurkan satelit observasi bumi untuk Spanyol. Akan tetapi misi tersebut menyisipkan dua satelit eksperimental kecil. Tujuan dua satelit kecil itu untuk menyebarkan jaringan internet gratis di seluruh dunia.

Roket SpaceX, Falcon 9, meluncur sekitar pukul 6:17 pagi. Membawa satelit PAZ untuk Spanyol dan dua satelit kecil uji coba yang akan mengorbit di orbit rendah Bumi.

Elon Musk yang memang memiliki selera humor tinggi. Ia mengatakan dalam cuitan akun Twitter-nya telah memberi nama dua satelit itu Tintin A dan B. Dua satelit ini akan melakukan komunikasi dengan stasiun di Bumi.

First two Starlink demo satellites, called Tintin A & B, deployed and communicating to Earth stations pic.twitter.com/TfI53wHEtz — Elon Musk (@elonmusk) February 22, 2018

Praderio, juru bicara SpaceX seperti yang kami kutip dalam Associated Press (22/2) mengatakan, apabila dua satelit itu bekerja sesuai rencana mereka masih punya banyak pekerjaan teknis untuk merancang dan menyebarkan internet gratis ke seluruh dunia.