China bakal ‘tanam’ panel surya di luar angkasa

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 19 Feb 2019 10:20 WIB

Para peneliti mengatakan, panel surya yang ada di luar angkasa akan memiliki efisiensi 99 persen dan menciptakan enam kali energi lebih banyak dibandingkan dengan panel surya di bumi.

Ilustrasi Panel Surya (Pexels)

Tiap tahun, penggunaan listrik di seluruh dunia terus meningkat. Sedangkan pasokan energi tak terbarukan sudah mulai menipis.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi krisis energi, salah satunya dengan membuat panel surya untuk menghasilkan energi terbarukan. Bahkan, belakangan ini China kembali memiliki ide gila, yakni ingin ‘menanam’ panel surya di luar angkasa.

Para ilmuwan sebenarnya telah lama berhipotesis bahwa mengumpulkan energi matahari dari ruang angkasa akan jauh lebih efektif. Hal ini yang mendasari para ilmuwan dari Cina untuk memasang panel surya di ketinggian 36.000 kilometer dari permukaan laut.

Engadget (19/2) melaporkan para ilmuwan Cina berencana untuk membangun dan meluncurkan pembangkit listrik kecil ke stratosfer antara tahun 2021 dan 2025.

Mereka merencanakan untuk menghasilkan pasokan listrik hingga ke tingkat megawatt pada tahun 2030. Kemudian, mereka berencana untuk memproduksi energi listrik hingga tingkat gigawatt sebelum 2050.

Tag