AI kalahkan pemain profesional StarCraft II

Oleh: Hieronimus Patardo - Sabtu, 26 Jan 2019 10:09 WIB

Sebuah kecerdasan buatan bernama AlphaStar mampu mengalahkan pemain profesional StarCraft 2 dengan kemenangan 10 kali dari 11 pertandingan.

Source: FoxSports

Artificial Intelligence terbukti dapat mengungguli manusia dalam beberapa hal. Faktanya terjadi dalam sebuah pertandingan StarCraft II yang melibatkan beberapa pemain profesional di dalamnya.

AI besutan Google DeepMind, yang bernama AlphaStar, bertanding melawan Darius “TLO” Wunsch dari tim Liquid dan Grzegorz “MaNa” Komincz. Perlu diketahui, keduanya merupakan pemain StarCraft II profesional yang sudah mengikuti banyak kompetisi. TLO bahkan memiliki basis fansnya sendiri karena strategi unik yang kerap ia lancarkan ketika bertanding.

Demonstrasi tersebut digelar pada 12 Desember 2018. Meskipun TLO sudah memiliki peringkat Grand Master, nyatanya AlphaStar mampu mengalahkan pemain pro ini dengan skor 5-0.

“Saya sangat terkejut dengan kekuatan agen itu, AlphaStar mengambil strategi yang sudah umum dan mengendalikan permainan. Agen itu menunjukkan strategi yang belum pernah saya lihat sebelumnya, yang berarti masih banyak cara bermain yang belum kami ketahui,” ujar TLO.

MaNa dikenal sebagai salah satu dari 10 pemain terkuat yang ada di StarCraft II. toh, AlphaStar juga mampu unggul dari MaNa dengan skor 5-0. MaNa mengungkapkan bahwa ia terkesan dengan langkah yang diambil oleh AlphaStar. Ia bahkan menyebut strategi AlphaStar dengan sebutan “gaya manusia yang belum pernah dia lihat”.