Youtube Music resmi hadir di Indonesia

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 06 Nov 2019 08:30 WIB

Youtube Music merupakan aplikasi streaming musik yang memungkinkan pengguna memutar, mendengarkan musik secara streaming.

(Foto: Lely/Tek.id)

Youtube Music resmi hadir di Indonesia. Layanan ini secara resmi diboyong oleh Google untuk mengakomodir kreator dan musisi di Tanah Air. Seperti diketahui, Youtube Music merupakan aplikasi streaming musik yang memungkinkan pengguna memutar, mendengarkan musik secara streaming tanpa harus menyimpannya di memori ponsel.

"Kami hari ini meluncurkan aplikasi musik berlangganan bagi jutaan pengguna di Indonesia. Banyak orang yang sudah bertanya-tanya kapan layanan ini diluncurkan. Dua layanan baru kami yang hadir di Indonesia yaitu Youtube Music dan Youtube Premium," kata Ruuben Van Den Heuvel, Head of  Music Content Partnerships (South East Asia, AU/NZ), YouTube melalui video konferensi di kantor Google, Jakarta (5/11).

Ruuben juga menjelaskan Youtube sudah cukup lama mempersiapkan peluncuran Youtube Music di Indonesia. Utamanya perihal lisensi musik yang menjadi tantangan bagi perusahaan. Namun demikian dia menuturkan bahwa Youtube ingin memastikan semua hal di Youtube Music mematuhi aturan termasuk perihal hak cipta sehingga persiapannya cukup lama.

Seperti aplikasi streaming musik lainnya, Youtube Music menghadirkan beragam genre musik, termasuk musik yang disesuaikan dengan pengguna di Indonesia. Menariknya, aplikasi ini terintegrasi dengan Youtube. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati konten yang tersedia di Youtube melalui Youtube Music. Konten tersebut juga mencakup cover musik hingga remix yang banyak tersedia di aplikasi Youtube reguler.

Termasuk dalam persiapannya membawa Youtube Music ke Indonesia, perusahaan telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan label seperti Aquarius, Musika hingga Trinity.