The Highwaymen, drama kriminal rasa Amerika 1930-an

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Minggu, 14 Apr 2019 22:57 WIB

Film-film amerika bergenre kriminal selama ini sangat jarang mengangkat era 1930-an. The Highwaymen mengingatkan saya pada setting Public Enemies 2009 lalu.

Terkahir kali saya menonton setting drama kriminal di layar bioskop adalah Public Enemies (2009). Bintangnya adalah Johnny Depp, berlakon sebagai Jhon Dillinger.

Kali ini Netflix membawa kisah original berlatar 1930-an, The Highwaymen. Genrenya pun masih sama, drama kriminal, yang diambil dari kisah kejahatan pada masa depresi ekonomi Amerika 1934.

Kisah berawal dari skenario pelolosan narapidana penjara paling ketat di Texas, Eastham Prison Farm. Pelakunya adalah pasangan perampok dan pembunuh berdarah dingin, Bonnie dan Clyde. Benar-benar sepasang laki-laki dan perempuan.

Dua tahun lamanya dua orang ini menebar teror di jalanan Texas dan Negara Bagian sekitarnya. Kedua bandit ini merampok mangsanya sekaligus membunuh mereka dengan senjata mesin otomatis.

Ini membuat pusing Kepala Departemen Keamanan Texas kala itu, Lee Simmons. Ia pun mengajukan seorang mantan koboi (Texas Rangers), bernama Frank Hamer kepada Gubernur perempuan Texas kala itu, "Ma" Ferguson. Tugas Hamer adalah melacak dua penjahat tersebut secara independen.