Isle of Dogs: Dunia muram cantik ala Wes Anderson

Oleh: Insaf Albert Tarigan - Senin, 16 Jul 2018 16:23 WIB

Wes Anderson membawa kita ke perlawanan sekelompok anjing di dunia fantasi yang muram dan menjijikkan bernama Trash Island.

 

Sebagai penggemar Wes Anderson, saya agak susah melepaskan bayangan “Moonrise Kingdom”, “Fantastic Mr.Fox”, “The Royal Tenenbaums”, dan tentu saja “The Grand Budapest Hotel” ketika menyaksikan “Isle of Dogs”. Film animasi stop motion terbaru karya Anderson ini -tayang perdana di Berlin International Film Festival ke-68, Februari 2018- masih mempertahankan gaya khasnya.

Tiga ciri khas utama Andersonian tentu saja: gambar simetri, palet warna, dan keberadaan narator yang membimbing penonton untuk menyelami bagian demi bagian film layaknya sedang membaca novel. Tiga ciri khas ini sudah melekat di hati penggemar film Anderson dan bahkan berkembang jauh melampaui film.

Tengok saja akun Instagram accidentalwesanderson atau gaya pernikahan, iklan, film pendek, dan foto-foto yang terinspirasi dari film-film Anderson. Jika terasa terlalu jauh, tengok saja akun Instagram dan video klip biduan Yura Yunita yang terinspirasi dari Fantastic Mr. Fox.