Lagu populer Spotify kebanyakan dimainkan oleh pria, ini alasannya

Oleh: Nur Chandra Laksana - Sabtu, 08 Des 2018 12:48 WIB

Penulis musik bernama Liz Pelly pun penasaran untuk menyelidiki algoritma yang dimiliki oleh Spotify. Dan hasil yang dia dapatkan cukup mengejutkan.

Logo Spotify (Spotify)

Spotify kembali memberikan bocoran mengenai artis mana saja yang paling banyak didengarkan selama 2018. Hal ini sudah mereka lakukan semenjak mereka menjalankan layanan mereka secara terbuka, tepatnya pada 2008 silam.

Anehnya, selama beberapa tahun terakhir, artis pria mendominasi sebagai artis yang paling banyak didengarkan pada 2018 ini. Drake ada di posisi pertama dengan total jumlah pemutaran sebanyak 8,2 juta kali, dengan lagu God’s Plan menyumbang lebih dari 1 juta pemutaran.

Bahkan, saat melihat postingan perayaan 10 tahun Spotify pada Oktober lalu, terlihat bahwa selama satu dekade ini penyanyi pria yang selalu menjadi artis paling banyak diputar di platform streaming musik tersebut.

Hal ini pun membuat penasaran salah satu penulis musik bernama Liz Pelly. Liz diketahui seorang kritikus yang paling gigih di bidang jurnalis mengenai pengaruh luar biasa Spotify terhadap kontrol budaya populer.

Dia pun mencoba melakukan studi mikro pada algoritma Spotify. Dan dia pun menemukan sejumlah fakta menarik dari penelitiannya.