Keasikan selfie bikin orang banyak mati tenggelam

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 07 Okt 2018 10:39 WIB

Para korban kebanyakan mengambil selfie untuk mendapatkan like saat mereka mempostingnya di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lainnya.

Belakangan ini, melakukan selfie di air terjun atau tebing menjadi sebuah tren bagi para pengguna internet. Namun, Anda harus berhati-hati jika memiliki niat untuk mengikuti tren yang sedang populer di internet tersebut.

Para peneilti baru-baru ini mengungkapkan bahwa air menjadi salah satu penyebab utama orang-orang meregang nyawa ketika mengambil selfie. Fakta ini mereka dapatkan saat melakukan penelitian dari laporan-laporan berita tentang 259 kematian yang berkaitan dengan selfie.

Mereka melakukan penelitian ini dengan mencari data mulai Oktober 2011 hingga November 2017, yang diterbitkan dalam Journal of Family Medicine dan Primary Care edisi Juli-Agustus tahun ini.

Dari 259 kematian, peneliti menemukan penyebab utama adalah dikarenakan tenggelam. Lalu diikuti oleh insiden yang melibatkan transportasi,misalnya mengambil selfie di depan jalur kereta yang akan datang. Kemudian diikuti oleh jatuh dari ketinggian, diserang hewan, senjata api dan tersengat listrik.

"Kematian selfie telah menjadi masalah utama kesehatan masyarakat," kata Agam Bansal, penulis utama studi tersebut, seperti dikutip dari Science Alert (7/10).