5 gim dengan dana pengembangan terbesar

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 04 Des 2018 08:30 WIB

Para penggembang pun tak ragu untuk menggelontorkan dana hingga triliunan rupiah hanya untuk membuat sebuah gim.

Ilustrasi Bermain Gim di Konsol (Pixabay)

Para pengembang gim dewasa ini semakin menaikkan harga jual gim ciptaan mereka. Para gamer pun diharuskan merogoh kocek mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk membeli gim kesukaan mereka. Tidak heran, karena biaya pengembangan sebuah gim tidaklah murah. Bahkan, ada beberapa pengembang gim yang menyediakan dana awal hingga triliunan rupiah demi kelancaran pengembangan gim mereka.

Namun, pernahkan Anda bertanya studio pengembang gim mana yang rela menggelontorkan uang terbanyak dalam mengembangkan sebuah gim? Nah, pada kesempatan ini tim Tek.id akan membahas lima gim yang memakan banyak biaya pengembangan, seperti telah dirangkum dari laman Gamer Problems (4/12) berikut ini.

5. Destiny - Rp2 triliun

Gim Destiny pertama diterbitkan pada tahun 2014. Kala itu, gim tersebut mendapat banyak perhatian media tentang berapa banyak uang yang habis untuk mengembangkan permainan tersebut.

Dalam beberapa keterangan, Bungie sebagai pihak pengembang gim Destiny menggelontorkan dana hingga USD140 juta atau setara Rp2 triliun untuk mengembangkan gim tersebut. Sayang, pada akhirnya, Activision sebagai penerbitnya, tidak berhasil menjual gim ini dengan baik.