4 manfaat menonton film menurut para ahli

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 29 Apr 2020 15:02 WIB

Menonton film tidak hanya dapat menghibur, tapi memiliki manfaat lainnya menurut para ahli yang berhubungan dengan kehidupan kita.

Source: Freepik

Selama masa pandemi ini, banyak yang menganjurkan untuk menonton film. Menurut pendiri dan CEO Tribeca Enterprises dan Tribeca Film Festival, Jane Rosenthal, film memiliki peran unik yang kuat dalam menginspirasi dan menyatukan orang-orang dari lintas negara. Lantas, apa sebenarnya dampak serta manfaat yang diberikan film kepada penontonnya? Berikut penjelasannya.

Film membantu kita belajar

“Dari menonton film, kita dapat belajar banyak tentang momen-momen tertentu dalam waktu atau persepsi yang bersamaan,” kata Adrian Danks selaku dosen dan dekan School of Media and Communication di RMIT University dilansir dari ABC Life (29/4).

Dengan kata lain, film dapat membentuk sudut pandang di dalam diri kita tentang bagaimana memahami dunia yang kita tinggali saat ini. Contohnya film BlacKkKlansman yang menggunakan cuplikan dari aksi unjuk rasa era-Trump pada inti film. Langkah ini memposisikan film sebagai meditasi pada politik kontemporer.

Tag