sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 01 Jul 2022 15:44 WIB

Roland Lim, Direktur Sales Sennheiser, selalu ingin mengerti konsumen Indonesia

Kali ini tim Tek.id bereksempatan melakukan wawancara dengan Direktur Sales untuk Audio Profesional Sennheiser Electronic Asia, Roland Lim.

Roland Lim, Direktur Sales Sennheiser, selalu ingin mengerti konsumen Indonesia

Sennheiser adalah salah satu perusahaan audio terkenal. Pabrikan asal Jerman ini memiliki kiprah yang sangat panjang sehingga berhasil memproduksi produk berkualitas di seluruh dunia, termasuk di kawasan Asia. Salah satu keberhasilan Sennheiser bisa dibilang tidak lepas dari kiprah Direktur Sales untuk Audio Profesional Sennheiser Electronic Asia, Roland Lim

Kebetulan baru-baru ini tim Tek.id berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan Roland, yang telah bekerja di Sennheiser selama satu dekade. Beliau mengawasi aktivitas penjualan dan pemasaran di Kawasan Asia Tenggara. Roland telah berkecimpung di industri audio selama 30 tahun dan merupakan pecinta musik dan teknologi. Dia berusaha untuk mengikuti tren terbaru serta peraturan nirkabel di wilayah Asia Tenggara.

Ketika ditanya alasan mengapa Sennheiser memutuskan untuk lebih fokus pada bisnis profesional, Roland menyatakan bahwa mereka telah meninjau bisnis strategi, dan melihat adanya potensi pertumbuhan pada empat bisnis di mana tim dalam perusahaan lebih fokus pada hal tersebut.

Saat ini, bisnis konsumen Sennheiser berada di tangan yang baik sehingga mereka dapat berfokus pada sisi profesional sebuah bisnis. “Melalui tiga divisi ini, yakni Audio Profesional, Komunikasi Bisnis, dan Neumann, kami percaya bahwa Sennheiser dapat memberikan dampak yang besar di industri ini, dan kami juga berencana untuk memperluas portofolio bisnis kami secara sukses,” kata Roland.

Tantangan & keadaan di Indonesia

Tentu saja, ada beberapa tantangan untuk membesarkan audio profesional di Asia Tenggara. Berdasarkan target pasar Sennheiser, terdapat kebutuhan dalam menghadirkan solusi audio yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Karena itu, Sennheiser secara aktif mengorganisir berbagai webinar dan sesi pelatihan untuk mengedukasi para penggunanya untuk tetap terkoneksi dengan industri dan para pengguna akhir.

Roland menyatakan bahwa, dengan adanya perkembangan ekonomi dan golongan kelas menengah yang mulai meningkat, Sennheiser melihat berbagai peluang yang luar biasa di Indonesia. “Para pengguna di Indonesia mencari solusi audio dengan kualitas tinggi dan inilah yang menjadi fokus utama Sennheiser,” kata Roland. Mereka memiliki portofolio produk yang cukup luas, menawarkan berbagai alat yang mudah diakses oleh artis ataupun teknisi, serta memberikan jalan dalam memperoleh produk kelas atas yang dapat membantu orang-orang tersebut dalam mengembangkan karya-karyanya.

Indonesia juga dikatakan negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara serta negara terpadat keempat di Asia. Sennheiser melihat potensi pertumbuhan yang besar di pasar Indonesia, dengan populasi yang relatif muda dan tingkat perkembangan yang stabil.

Perbedaan dengan para pesaing

Sennheiser juga memiliki keunikan sendiri yang membedakan solusi audio profesionalnya dari para pesaing untuk tetap menjadi yang terdepan dalam industri. Selama 75 tahun, perusahaan Sennheiser diklaim identik dengan teknologi luar biasa dan pengalaman audio yang unik. Mereka selalu menempatkan pelanggannya di pusat segala sesuatu, dan ini akan terus dilakukannya di masa depan.

Sennheiser memiliki hubungan yang dipercaya oleh para profesional dan artis audio terkemuka di seluruh industri. “Melalui kolaborasi, kami memastikan bahwa produk kami menawarkan pengalaman pengguna yang luar biasa dan interoperabilitas,” kata Roland

Sennheiser juga memiliki strategi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah persaingan yang ketat. Selain memberikan produk dengan kualitas terbaik, perusahaan tersebut juga memastikan bahwa pelanggannya adalah bagian dari proses pengembangan perusahaan. Pabrikan ini terus memperluas riset pelanggannya. Misalnya, solusi Audio untuk video mereka adalah hasil dari menggabungkan temuannya melalui dokumenter, pembuat film, dan vlogger.

Hal tersebut tidak hanya terkait perangkat keras. Pasalnya, mereka juga telah memperpanjang layanan garansi, aplikasi yang berguna dan solusi perangkat lunak, serta Teknisi Aplikasi Teknis lokal yang siap mendukung berbagai acara.

Dalam hal Audio Profesional, Sennheiser akan terus memenangkan pelanggan kami dalam bisnis Live dan Broadcasting dengan solusi audio yang andal dan kualitas kelas satu. Selain itu, perusahaan ini juga akan terus mengembangkan solusi perangkat lunak yang sesuai untuk alur kerja yang optimal untuk aplikasi tersebut. Sennheiser melihat potensi pertumbuhan terutama di pasar yang tumbuh cepat seperti Indonesia, untuk aplikasi semi-profesional, misalnya di bidang musik dan audio untuk video.

Pendekatan pada pengguna Indonesia

Sennheiser berpendapat bahwa pengguna Indonesia pada umumnya memiliki pemahaman yang sangat baik termasuk mengenai teknologi. Mereka memahami bahwa solusi audio berkualitas baik sangat penting untuk perdagangan mereka dan selalu mencari teknologi serta solusi terbaru.

Perusahaan tersebut memahami kebutuhan para pelanggan dan selalu berusaha untuk menyediakan produk dan teknologi terbaru bagi pelanggan tersebut. “Pendekatan yang kami miliki untuk pasar Indonesia adalah mendengarkan, mengusulkan, dan menawarkan solusi yang sesuai untuk pelanggan kami. Hal ini telah terbukti bekerja dengan baik bagi Sennheiser di Indonesia.

Tidak ketinggalan pula Roland membagikan tipsnya saat memilih dan membeli solusi audio profesional. Pertama, hal yang harus diperhatikan adalah berapa banyak yang ingin diinvestasikan. Keunggulan dari solusi audio profesional adalah konsumen dapat meningkatkan bagian dari setup-nya serta menambahkan peralatan baru saat kebutuhan atau anggaran berubah. Kuncinya adalah memahami peralatan dengan baik dan menginvestasikan waktu untuk memahami cara memanfaatkannya sebaik mungkin.

Tips kedua adalah konteksnya. Konsumen perlu memilih peralatan yang tepat untuk skenario, kasus penggunaan, dan lingkungan yang tepat. Selaras dengan hal tersebut, Sennheiser menawarkan berbagai produk untuk tingkat pengalaman dan kasus penggunaan berbeda. Perusahaan ini memiliki tujuan yakni menciptakan produk yang mudah digunakan dan dapat meningkatkan kualitas audio.

Untuk pengembangan produk di masa depan, Sennheiser menyatakan bahwa mereka baru saja meluncurkan rencananya untuk perluasan penawaran nirkabel dan juga akan mendorong produk untuk para konten kreator.

Share
×
tekid
back to top