Yuk, ikut kuis Google untuk mengenali email phishing

Google mengagas sebuah kuis untuk memberikan pelajaran kepada penggunanya untuk mengenali ciri-ciri email phishing. Tertarik ikutan?

Yuk, ikut kuis Google untuk mengenali email phishing Source: Google

Layanan email besutan Google sejatinya memiliki sebuah fitur untuk mendeteksi adanya email spam dan phising. Sejauh ini fitur tersebut dapat berfungsi dengan baik. Saking ketatnya, malahan email asli terkadang ditandai sebagai sebuah spam.

Seiring berjalannya waktu, email phising nyatanya masih mampu masuk menerobos sistem keamanan tawaran Gmail. Hal ini berpotensi menyeret pengguna Gmail untuk menjadi korban email phising. Pasalnya email jenis itu biasanya tampil sangat mengesankan seperti aslinya.


BACA JUGA

Update terbaru Google Apps, dukung tampilan layar ponsel lipat

Ciuman bisa langsung dijepret Google Camera

Ciuman bisa langsung dijepret Google Camera


Berangkat dari hal tersebut, divisi Jigsaw dari perusahaan Alphabet, yang notabene menjadi induk dari Google berusaha menjelaskan apa itu email phising, bagaimana bentuknya dan yang lebih penting, bagaimana pengguna Gmail dapat terhindar dari email phising?

Menariknya dalam penjelasan yang diberikan itu, Alphabet juga menyertakan sebuah kuis untuk mengenali email phising. Ada delapan contoh email yang akan diberikan dalam kuis tersebut. Pengguna harus memilih antara email asli atau email phising.

Tenang saja, Jigsaw akan menjelaskan dengan rinci mengapa sebuah email ditandai sebagai spam atau email phising berdasarkan email contoh yang diberikan. Di sana juga dijelaskan bagaimana cara menghindari email phising dengan meneliti sejumlah alamat email dan link yang tercantum.

Nah, buat Sahabat Tek, tidak ada salahnya menjajal kuis ini. Pasalnya kuis ini bakal menawarkan pengetahuan baru. Lagipula, kuis ini tidak memakan banyak waktu untuk mengerjakannya. Tertarik? Klik di sini untuk mengikuti kuisnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: