sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 13 Apr 2022 10:25 WIB

YouTube konfirmasi situsnya alami gangguan

Beberapa pengguna YouTube melaporkan tidak dapat masuk ke akun mereka atau beralih di antara profil yang tersedia di perangkat.

YouTube konfirmasi situsnya alami gangguan

YouTube mengonfirmasi situsnya sempat mengalami masalah dan telah memengaruhi sebagian pengguna di seluruh dunia. Pengguna dilaporkan mengalami kendala ketika menonton video dan mencatat berbagai elemen di situs tidak tersedia, seperti bilah navigasi dan menu pengaturan.

Dilansir dari TechCrunch (13/4), beberapa pengguna tidak dapat masuk ke akun YouTube mereka atau beralih di antara profil yang tersedia di perangkat. Beberapa juga mengatakan, mereka tidak dapat mentransmisikan YouTube ke TV atau menggunakan aplikasi di konsol gim.

Ketika video diputar, tampil keterangan yang mengatakan, “Tidak ada koneksi internet”, padahal tidak ada masalah pada konektivitas pengguna.

YouTube, melalui cuitan di akun resminya, mengatakan bahwa masalah tersebut sudah selesai dibenahi. Mereka juga mencatat bahwa masalahnya tidak terbatas pada wilayah geografi tetapi bersifat global dan terjadi di seluruh perangkat.

Di sisi lain, perusahaan anakan dari Alphabet ini juga mencatat masalah ini dapat menyebabkan pengguna tidak dapat menavigasi YouTube Studio atau streaming langsung dari layanan YouTube TV. 

Ada dua kemungkinan penyebab masalah yang menimpa YouTube kali ini tidak ramai dibicarakan, yaitu down terjadi pada dini hari ketika tidak banyak orang mengakses situs YouTube, atau hanya sebagian kecil pengguna yang terpengaruh.

YouTube juga mengklaim bahwa platform tidak sepenuhnya down dan setiap pengguna tidak mengalami masalah yang sama. Meskipun tidak menjelaskan penyebab terjadinya down, tetapi biasanya ini berkaitan dengan teknologi yang mendasarinya, seperti layanan cloud.

Namun, tampaknya masalah ini tidak terlalu berdampak besar terhadap pengguna di Indonesia. Pasalnya, sebagaimana biasanya, setiap terjadi masalah pada platform jejaring sosial selalu akan trending di halaman Twitter.

Share
×
tekid
back to top