sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 08 Sep 2022 20:14 WIB

Dua TWS baru Yamaha sambangi Indonesia, TW-ES5A dan TW-E3B

Yamaha secara resmi telah memperkenalkan dua model tambahan earphone bertipe true wireless stereo (TWS) ke pasar Indonesia. Kedua TWS ini adalah TW-ES5A dan TW-E3B.

Dua TWS baru Yamaha sambangi Indonesia, TW-ES5A dan TW-E3B

Yamaha telah resmi meluncurkan perangkat true wireless stereo (TWS) ke Indonesia. Bukan cuma satu, tetapi perusahaan asal Jepang tersebut langsung meluncurkan dua perangkat TWS secara bersamaan. Kedua produk yang dimaksud adalah Yamaha TW-ES5A dan TW-E3B.

Sebagai informasi, Yamaha Indonesia mulai memperkenalkan model earphone dan headphone nirkabel pada tahun 2021 dengan memperkenalkan beberapa model, yaitu TW-E3A (TWS), EPE-E30A (earphone nirkabel), dan YH-E500A (headphone nirkabel).

Kedua model TWS yang diperkenalkan hari ini (8/9) dikatakan memiliki beberapa fitur yang disematkan di model-model earphone/headphone pendahulunya, yaitu nyaman untuk dipakai dengan fitting yang pas. Tidak ketinggalan pula kualitas suara yang bagus dengan konsep True Sound dan memiliki fitur Listening Care yang membantu pendengar untuk merasakan suara optimal walaupun dalam volume rendah sekalipun.

Sama seperti kebanyakan perangkat earphone TWS saat ini, baik Yamaha TW-ES5A dan TW-E3B juga mendukung aplikasi untuk mengontrol earphone. Untuk produk TWS Yamaha, aplikasi yang dimaksud bernama ‘Yamaha Headphone Control’ yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan Apple App Store.

TWS Yamaha TW-ES5A diinformasikan menyematkan beberapa fitur yang mendukung aktivitas olahraga, di antaranya adalah Secure Fit yang memastikan earphone tetap di telinga walaupun pengguna aktif bergerak. Sirip silikon yang baru dirancang oleh Yamaha dibuat secara ergonomis menjaga TWS ini tidak lepas saat digunakan.

Tidak luput pula sertifikasi IPX7 yang memastikan unit earphone tahan terhadap air maupun keringat. Saat pengguna sedang berolahraga, ada kalanya juga tetap diperlukan untuk memperhatikan atau waspada suara-suara di sekitarnya. Untuk kebutuhan ini, tersedia fitur Ambient Noise yang dapat diaktifkan dengan satu sentuhan tombol saja.

Baterainya dapat digunakan hingga 34 jam, yakni perpaduan dari baterai pada earphone (9 jam) dan charging case (25 jam). Fungsi in-ear detection untuk kepraktisan akan menghentikan pemutaran musik saat earphone dilepaskan dari telinga, dan akan diputar kembali saat ia dipasang lagi di telinga.

Di sisi lain, model TW-E3B diklaim memiliki kualitas luar biasa untuk earphone TWS berukuran sangat ringkas. Suara yang dihasilkan tetap mengusung filosofi True Sound dan juga Listening Care untuk kesehatan pendengaran penggunanya.

TW-E3B dilapisi oleh material anti-slip yang menghindarkannya terlepas saat digunakan. Ukurannya yang ringkas menjadikan TWS ini nyaman untuk digunakan bahkan untuk pengguna yang memiliki ukuran telinga kecil. Yamaha TW-E3B memiliki daya tahan baterai 24 jam, sertifikasi IPX5, koneksi Bluetooth 5.0, dukungan codec SBC, AAC, dan aptX. Tidak ketinggalan pula kompatibel dengan Google Assistant dan Siri.

Untuk harga, Yamaha TW-ES5A dibanderol dengan Rp3.000.000. Sedangkan TWS Yamaha TW-E3B dijual dengan Rp1.700.000.

Share
×
tekid
back to top