sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
Rabu, 04 Apr 2018 15:35 WIB

Xiaomi pamer kemampuan asisten digital Xiao Ai

Xiaomi memamerkan kemampuan Xiao Ai melalui video yang diunggahnya di YouTube.

Xiaomi pamer kemampuan asisten digital Xiao Ai
(Foto: YouTube)

Xiaomi telah memperkenalkan asisten digital yang disebut Xiao Ai dalam peluncuran Mi Mix 2S. Kali ini, Xiaomi memamerkan kemampuan Xiao Ai melalui video yang diunggahnya di YouTube.

Sebagaimana asisten digital Siri dan Google Assistant, Xiao Ai juga difungsikan dengan cara memberikan perintah melalui suara. Tampilannya pun mirip Google Assistant dengan adanya ikon warna warni ketika menunggu perintah dari pengguna selesai. Asisten digital ini secara khusus dirancang dan akan berjalan pada  Xiaomi.

Dalam video yang diunggah di YouTube, Xiao Ai disesuaikan untuk pasar China di mana fitur itu terhubung dengan WeChat. Xiao Ai mampu menjalankan berbagai perintah mulai dari menerjemahkan bahasa, memesan tiket hingga menjawab soal matematika yang cukup rumit sekalipun. Semua perintah pengguna dalam video itu tampak diselesaikan oleh Xiao Ai dengan baik.

Mulanya, Xiao Ai hadir pada Mi Mix 2S yang belum lama ini dirilis. Namun juru bicara Xiaomi menyatakan bahwa kini Xiao Ai juga bisa difungsikan pada smartphone Xiaomi lainnya dengan update MIUI versi China.

Untuk saat ini, Xiao Ai memang baru tersedia di negara asalnya China. Namun tentunya, tak menutup kemungkinan asisten digital itu juga akan hadir menyusul Bixby atau Siri di berbagai negara.

Xiaomi sendiri sebelumnya bisa mengoperasikan Google Assistant. Namun masyarakat China kerap menemukan kendala, begitu pula ketika mengoperasikan Amazon Alexa dan Siri karena perbedaan budaya atau integrasi hardware mereka. Hal inilah yang menginspirasi Xiaomi untuk menghadirkan asisten digital sendiri yang tentunya lebih ramah dengan budaya lokal China.

Huawei juga kabarnya mengembangkan asisten digital serupa yang dipasarkan secara khusus di China dengan sebutan HiAssistant. Kehadiran Xiao Ai tentunya akan menjadi pesaing asisten digital Huawei tersebut karena sama-sama melenggang di China. Demikian dilansir Android Authority.

Share
×
img
×
tekid
back to top