Xiaomi lepas Redmi jadi merek independen

Xiaomi juga akan mengumumkan smartphone Redmi baru sekaligus meresmikan Redmi sebagai merek independen.

Xiaomi lepas Redmi jadi merek independen

Penghujung 2018, Presiden Xiaomi, Lin Bin mengonfirmasi akan merilis smartphone baru yang memiliki kamera 48 megapiksel. Tanpa menunggu lama, perangkat itu akan dirilis 10 Januari 2019 nanti.

Rumor yang berkembang menyebutkan smartphone itu tak akan masuk dalam jajaran seri Mi. Perangkat tersebut akan menjadi flagship bermerek Redmi. Hal ini juga telah diakui oleh Xiaomi. Melalui akun Weibo-nya, Xiaomi mengonfirmasi bahwa mereka akan mengumumkan sesuatu yang baru.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Redmi 8A akan meluncur pada 25 September

Begini bocoran desain Xiaomi Mi 9 Pro 5G

Lei Jun pamer kecepatan charging Xiaomi Mi 9 Pro 5G


Selain mengumumkan smartphone Redmi baru, mereka sekaligus meresmikan Redmi sebagai merek independen. Belum diketahui spesifikasi lain dari flagship Redmi berkamera 48 megapiksel tersebut. Yang jelas, perangkat itu akan menampakkan diri pada 10 Januari di Beijing, China.

Tampaknya upaya ini merupakan cara Xiaomi untuk menyaingi kompetitor, dimana Oppo memiliki Realme dan Huawei memiliki subbrand Honor. Dilansir Gizmochina, CEO Xiaomi, Lei Jun menjelaskan alasan dibalik terpisahnya Redmi dari merek Xiaomi.

Dalam komentarnya di Weibo, Jun mengatakan bahwa pemisahan merek Mi dan Redmi terletak pada fokus bisnisnya. Merek Redmi disebut berfokus pada smartphone dengan harga terjangkau. Sementara Mi berfokus pada smartphone high-end. Perbedaan keduanya juga terletak pada jalur pemasaran perangkat itu sendiri. Redmi diutamakan untuk dijual melalui e-commerce, sementara Mi tidak fokus ke e-commerce.

Selain itu pemisahan merek Redmi juga menguntungkan merek Xiaomi lainnya. Xiaomi bisa lebih fokus pada tiga merek miliknya. Mi untuk smartphone premium, Redmi untuk smartphone harga terjangkau dan Poco untuk smartphone terjangkau dengan spesifikasi premium.

Perangkat pertama dari merek Redmi yang menjadi independen, akan dirilis beberapa hari ke depan. Bulan lalu, otoritas China telah menyetujui tiga unit smartphone Xiaomi dengan model seri M1901F7E, M1901F7T dan M1901F7C. Ini bisa menjadi varian yang berbeda dari flagship Redmi. Sayangnya belum diketahui, apa nama yang akan diusung perusahaan untuk memulai debut perangkat Redmi sebagai merek baru yang independen.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: