Xiaomi bakal kembangkan smartphone dengan layar refresh rate 120Hz

Xiaomi ketahuan akan mengembangkan smartphone dengan layar yang mendukung refresh rate 120Hz. Hal itu terungkap dari MIUI 11 versi beta.

Xiaomi bakal kembangkan smartphone dengan layar refresh rate 120Hz Source: XDA Developers

Layar dengan refresh rate tinggi akhir-akhir ini mulai banyak diadopsi vendor smartphone. Setidaknya tahun ini ada sembilan smartphone baru dengan refresh rate lebih dari 60Hz. Tiga smartphone lagi belum diumumkan. Kabarnya, Xiaomi akan semakin meningkatkan refresh rate pada layar smartphone-nya di masa depan. 

Xiaomi dilaporkan akan menghadirkan layar dengan refresh rate 120Hz. Hal itu terungkap pada MIUI 11 beta. Di sistem operasi itu, ada pengaturan tampilan refresh rate. Deskripsinya tertulis bahwa kecepatan refresh yang lebih tinggi akan membuat gambar lebih halus, sementara refresh rate yang lebih rendah akan menghemat baterai.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Redmi Note 8 dan Note 8 Pro akhirnya rilis, andalkan kamera utama 64 MP

Akhirnya Mi Band 4 masuk Indonesia

Xiaomi ingin hilangkan citranya sebagai merek murah


Dilansir dari XDA Developers (11/10), pengaturan tersebut menunjukkan adanya pilihan untuk refresh rate 60Hz dan 120Hz. Malahan XDA Developers berhasil memunculkan pengaturan ini di perangkatnya. Kendati begitu, karena smartphone yang digunakan belum mendukung refresh rate tinggi, sekalipun dapat diaktifkan, fitur ini belum dapat berfungsi. Hal ini menunjukkan bahwa flagship terbaru Xiaomi bakal mendukung perpindahan refresh rate dari 60Hz menjadi 120Hz, dan sebaliknya. 

Untuk diketahui, Razer merupakan vendor pertama yang menjual smartphone dengan layar yang mendukung refresh rate 120Hz. Itu terjadi pada akhir 2017. Sejak saat itu, beberapa vendor mulai meluncurkan produk serupa, salah satunya Sharp dan Asus. 

Refresh rate ini tidak bergantung pada panel apa yang digunakan. Misalnya pada Asus ROG Phone II. Smartphone ini hadir dengan panel OLED, sementara Razer Phone 2 hadir dengan layar LCD. 

Sejauh ini belum diketahui kapan Xiaomi akan menghadirkan smartphone dengan layar yang mendukung refresh rate 120Hz. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: