sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
Senin, 06 Apr 2020 18:29 WIB

Wisuda di Jepang gunakan robot untuk hindari Covid-19

Terdapat tablet berukuran sekitar 10 inci di bagian kepala robot. Ini berguna untuk menunjukkan wajah mahasiswa yang menggunakan aplikasi konferensi video Zoom.

Wisuda di Jepang gunakan robot untuk hindari Covid-19
Source: BBT University via Cnet

Pada saat pandemi virus corona atau Covid-19 seperti saat ini, orang-orang sangat tidak disarankan untuk menghadiri pertemuan apa pun, termasuk hari upacara kelulusan atau wisuda. Meski demikian, beberapa mahasiswa di Jepang tidak rela untuk membiarkan virus tersebut menghalangi hari wisuda mereka. Dilansir dari Cnet (6/4), mereka melakukan acara tersebut dengan cara aman, dengan menggunakan robot pengganti.

Mahasiswa tersebut adalah lulusan pascasarjana dari Business Breakthrough (BBT) University di Tokyo. Mereka tidak diizinkan melakukan upacara kelulusan secara konvensional karena masalah penyakit Covid-19. Dengan demikian, para wisudawan itu menggunakan robot avatar jarak jauh bernama Newme untuk menggantikan hadir di gedung upacara.

Terdapat tablet berukuran sekitar 10 inci di bagian kepala robot. Ini berguna untuk menunjukkan wajah mahasiswa yang menggunakan aplikasi konferensi video Zoom untuk secara virtual menghadiri dan menyaksikan upacara kelulusan dari jarak jauh. Acara wisuda itu sendiri berlangsung di Hotel Grand Palace di Tokyo pada tanggal 28 Maret, sebagaimana dilaporkan oleh Business Insider.

Agar sesuai teman dan lebih berasa, robot tersebut juga mengenakan topi dan baju toga selama upacara wisuda berlangsung. “Ketika saya mendaftar, saya tidak pernah berpikir akan mengoperasikan avatar saya sendiri dan menghadiri upacara kelulusan. Namun, menerima gelar diploma di depan umum adalah pengalaman baru,” kata salah satu siswa yang tidak disebutkan namanya dalam sebuah pernyataan pada tanggal 31 Maret.

Kejadian ini mengingatkan saya pada film fiksi ilmiah yang berjudul ‘Avatar’ besutan sutradara kondang James Cameron yang dirilis pada tahun 2009 dan film Surrogates dengan tahun perilisan yang sama, tetapi disutradarai oleh Jonathan Mostow. Kedua film ini menceritakan tentang robot avatar pengganti yang bepergian di luar rumah untuk melakukan sesuatu hal.

Share
×
img
×
tekid
back to top