Wikipedia gandeng Google untuk terjemahkan situs mereka

Dengan menggandeng Google Translate, Wikipedia kini bisa melakukan translasi ke bahasa Zulu, Hausa, Kurdi (Kurmanji), dan Yoruba.

Wikipedia gandeng Google untuk terjemahkan situs mereka Google Translate (Google)

Tujuan situs Wikipedia adalah membuat pengetahuan di dunia dapat diakses oleh semua orang. Meski demikian, hingga saat ini masih banyak orang yang tidak bisa menikmati informasi di Wikipedia karena keterbatasan bahasa.

Oleh karena itu, Wikimedia Foundation, induk perusahaan Wikipedia mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kemitraan dengan Google. Mereka menggunakan keterampilan terjemahan AI Google, untuk membantu menerjemahkan laman Wikipedia.


BACA JUGA

Layar Pixel 4 bakal berukuran lebih besar dari sebelumnya

Kini Google Assistant bisa menemukan tempat parkir Anda

Google hentikan layanan Daydream VR dari Google Play Film & TV


The Verge (11/1/2019) mengatakan, kemitraan ini akan terintegrasi ke dalam alat terjemahan buatan Wikipedia tanpa biaya. Alih bahasa ini ditambahkan sebagai opsi, di samping penerjemah open-source Apertium, yang telah berguna menerjemahkan sekitar 400 ribu artikel Wikipedia hingga saat ini.

Dalam kedua kasus itu, Google translate akan melakukan langkah pertama untuk menerjemahkan sebuah artikel. Lalu editor manusia akan melakukan perbaikan laman yang telah diterjemahkan.

Ditambahkannya Google Translate dalam Wikipedia,karena editor Wikipedia telah meminta integrasi ini selama beberapa tahun terakhir. 

Setelah melakukan integrasi, Wikipedia mampu menerjemahkan beberapa bahasa baru, di antaranya Zulu, Hausa, Kurdi (Kurmanji), dan Yoruba. Bahasa-bahasa ini mungkin bukan bahasa yang banyak dikenal.

Zulu, misalnya, hanya dituturkan oleh sekitar 12 juta orang. Namun, diketahui hanya ada sekitar seribu artikel Wikipedia yang tersedia dalam bahasa tersebut. Demi penyetaraan informasi, langkah ini merupakan langkah yang penting.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: