WhatsApp tambah fitur baru untuk perangi berita palsu

WhatsApp bakal segera menghadirkan fitur baru. Fitur ini akan terhubung langsung dengan pencarian gambar di Google.

WhatsApp tambah fitur baru untuk perangi berita palsu Source: Google

WhatsApp dilaporkan akan segera menghadirkan fitur terbaru dalam aplikasinya. Fitur ini bakal berguna untuk mendeteksi keaslian sebuah gambar yang dikirimkan melalui chat. Fitur tersebut pertama kali diketahui oleh WABetaInfo.

Dalam laporannya, WABetaInfo (14/3) WhatsApp bakal menghadirkan fitur bernama “search by image”. Nantinya pengguna aplikasi ini dapat mengunggah gambar yang diterima langsung ke Google melalui fitur ini. Kemudian hasil pencarian akan menunjukkan gambar yang mirip dengan yang ada di internet.


BACA JUGA

WhatsApp Business hadir di iOS

WhatsApp uji dua fitur terbaru

Begini cara kembalikan pesan WhatsApp dari smartphone yang dicuri


Sebenarnya cara yang dilakukan WhatsApp adalah dengan menghubungkan fitur tersebut dengan fungsi reverse image yang ada di Google. Dengan ini, pengguna tak perlu lagi berpindah aplikasi hanya untuk mencari kebenaran gambar yang telah diterima dalam chat WhatsApp.

Hingga saat ini, fitur yang dimaksud oleh WABetaInfo masih belum dirilis secara resmi oleh WhatsApp. Apalagi tidak ada pernyataan khusus dari pengembang aplikasi yang bersangkutan mengenai adanya fitur ini. Kendati begitu, kehadiran fitur ini menunjukkan komitmen WhatsApp untuk menghentikan penyebaran berita palsu di platformnya.

Sebagaimana diketahui, penyebaran berita palsu di WhatsApp pernah memakan korban jiwa. Seorang pria di India dikeroyok hingga tewas karena dituduh mencullik seorang anak. Pasalnya ketika itu di India beredar sebuah berita melalui WhatsApp yang menyatakan bahwa anak-anak sedang menjadi incaran para penculik.

Bukan ini saja langkah yang digagas WhatsApp untuk menghentikan berita palsu. Berkaitan dengan kasus di India, WhatsApp akhirnya membatasi jumlah penerima pesan broadcast dalam aplikasinya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: