sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 14 Sep 2023 16:06 WIB

WhatsApp hadirkan fitur Channel mirip Telegram

WhatsApp Channel memberikan pengguna cara yang lebih privat untuk menerima informasi penting dari personal, komunitas, atau merek yang menjalankan Channel tersebut.

WhatsApp hadirkan fitur Channel mirip Telegram

WhatsApp resmi meluncurkan WhatsApp Channel atau disebut Saluran di Indonesia. Fitur yang awalnya hanya tersedia di Singaputa dan Columbia, kini diperluas untuk pengguna global.

“Hari ini kami mulai meluncurkan Saluran WhatsApp secara global dan menambahkan ribuan saluran baru yang dapat diikuti orang di WhatsApp. Anda dapat menemukan Saluran di tab 'Pembaruan' baru," kata CEO Meta Mark Zuckerberg dalam pengumuman resmi perusahaan (14/9).

Sekilas, WhatsApp Channel mirip dengan fitur yang ada di Telegram dan Discord. Ini memberikan pengguna cara yang lebih privat untuk menerima informasi penting dari personal, komunitas, atau merek yang menjalankan Channel tersebut.

Perusahaan menyebutkan bahwa WhatsApp Channel bersifat opsional. Pengguna bisa memilih untuk bergabung atau tidak ke dalam Channel.

Selain itu, perusahaan juga mengklaim tidak akan merekomendasikan Channel kepada pengguna menggunakan algoritma yang membaca isi pesan mereka.

Meskipun peserta tidak bisa mengirimkan pesan teks ke dalam Channel, namun komunikasi di dalam saluran tidak sepenuhnya satu arah. Mereka dapat menggunakan emoji untuk merespon pesan yang dikirim admin.
Terkait keamanan, nomor telepon dan foto profil peserta saluran tidak akan ditampilkan kepada admin atau pengikut lainnya.

Namun karena WhatsApp Channelbertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas, saluran tidak dienkripsi end-to-end secara default.

Di Indonesia, instansi yang sudah memiliki saluran WhatsApp Channel antara lain BMKG untuk menyampaikan informasi meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika termasuk prakiraan cuaca dan informasi gempa.

Share
×
tekid
back to top