WhatsApp bakal hadirkan aplikasi khusus iPad

WhatsApp kabarnya sedang menyiapkan aplikasi khusus untuk perangkat iPad. Selain itu, update terbaru juga menawarkan WhatsApp versi dekstop tanpa harus menghubungkan smartphone ke internet.

WhatsApp bakal hadirkan aplikasi khusus iPad Source: Google

Whatsapp telah menjadi salah satu aplikasi pesan yang sangat diandalkan para penggunanya. Aplikasi ini tak hanya menawarkan fitur berkirim pesan, tetapi juga dokumen, suara, video dan bahkan melakukan panggilan telepon dan video. 

Sayangnya, WhatsApp sampai beberapa waktu lalu belum mendukung penggunaan di perangkat tablet yang tidak mengandalkan nomor telepon di dalamnya, terutama iPad. Namun WABetaInfo (29/7) memberi kabar segar terkait hal ini. WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan aplikasi khusus untuk digunakan di iPad. 


BACA JUGA

WhatsApp dukung kunci via sidik jari, ini cara gunakannya

Peretas bisa cegat dan ubah pesan WhatsApp

WhatsApp bakal hadirkan fitur mirip Boomerang Instagram


Saat ini WhatsApp dilaporkan sedang berupaya mengubah layanan pesan itu menjadi multi-platform. Artinya, akun WhatsApp pengguna iOS nantinya akan dapat digunakan pada banyak perangkat secara bersamaan. Sistemnya sendiri kabarnya sedang digarap oleh WhatsApp saat ini. 

Dalam situsnya, WABetaInfo menunjukkan bahwa pengguna iOS nantinya bakal bisa menggunakan akun WhatsApp eksisting ke perangkat iPad ketika aplikasinya sudah tersedia tanpa harus menghapusnya dari iPhone. Tak hanya itu, pembaharuan juga datang bagi WhatsApp di komputer. 

Sebelumnya, untuk menampilkan WhatsApp di komputer, smartphone pengguna harus terhubung dengan internet. Jika tidak, WhatsApp di  komputer tidak akan bisa berjalan dengan semestinya. Nah, update terbaru ini kabarnya akan memberikan akses ke WhatsApp di komputer meskipun smartphone pengguna (dengan WhatsApp yang sama) tidak terhubung ke internet. Nantinya akan disediakan aplikasi UWP (Universal Windows Platform) untuk melakukan hal tersebut. 

Berkaitan dengan hal itu juga, WhatsApp harus memperbaharui sistem enkripsi mereka. Sebagaimana diketahui, WhatsApp memiliki sistem enkripsi end-to-end, artinya perangkat ke perangkat. Dengan adanya perangkat tambahan, artinya ada perangkat lain yang dapat mengakses pesan dalam WhatsApp. Namun hingga saat ini belum diketahui bagaimana sistem enkripsi itu akan bekerja. 

WhatsApp juga belum mengumumkan kapan akan menghadirkan update terbaru itu. Aplikasi khusus untuk iPad sampai saat ini juga masih dikembangkan dan belum diketahui kapan dapat digunakan secara luas. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: