Waymo makin serius garap teknologi mobil otonom

Rencana awal Waymo adalah mengidentifikasi fasilitas pabrik, bertempat di Michigan Tenggara. Akan tetapi belum jelas kapan pabrik itu siap.

Waymo makin serius garap teknologi mobil otonom Source: Waymo

Perusahaan pengembang teknologi kemudi otonom (self-driving), Waymo, baru saja mengambil langkah besar. Mereka membawa teknologi mobil otonom ke arah yang lebih mainsteam lagi. Dilansir dari Engadget (23/1), perusahaan tersebut telah menerima persetujuan untuk mendirikan pabrik kendaraan otonom di Michigan. Ini akan menjadi pabrik pertama di dunia yang sepenuhnya khusus untuk kendaraan berkemudi otomatis Level 4.

Waymo butuh waktu yang lama, agar kendaraan pertama mereka diproduksi. Rencana awal Waymo adalah membangun fasilitas pabrik di suatu tempat di Michigan Tenggara. Akan tetapi masih belum jelaskapan pabrik itu siap dibangun nantinya. Waymo berharap untuk mampu menciptakan ratusan lapangan pekerjaan lokal selama beberapa tahun.


BACA JUGA

Taksi listrik Blue Bird buka peluang Tesla masuk Indonesia

Hanya satu di dunia, VW Bug berbaterai Tesla

KIA kenalkan mobil listrik dengan dasbor layar sentuh


Negara bagian tersebut adalah pilihan yang jelas untuk membuat mobil otonom. Selain hubungannya yang erat dengan industri mobil dan banyaknya pekerja yang memenuhi syarat, ini merupakan lingkungan pengujian yang baik.

Wilayah Michigan Tenggara sendiri terkenal memiliki cuaca kurang bersahabat. Waymo berpeluang untuk membuktikan mobilnya dapat menangani kondisi bersalju dan kondisi cuaca lain yang kurang bersahabat.

Selama ini, banyak proyek mobil otonom di AS, termasuk proyek Waymo sendiri, berada di Arizona. Wilayah tersebut cenderung punya kondisi cuaca menguntungkan sepanjang tahun.

Belum jelas jenis kendaraan apa yang akan diproduksi Waymo. Tetapi mereka menunjukkan, rencana pembangunan pabrik ini bermaksud untuk mengintegrasikan sistem kemudi otonom ke dalam kendaraan yang ada, seperti halnya Fiat Chrysler dan Jaguar.

Sedikit informasi tentang Waymo. Waymo adalah anak perusahaan Alphabet Inc. Mereka awalnya adalah proyek Google sebelum menjadi anak perusahaan yang berdiri sendiri pada Desember 2016. Pada April 2017, Waymo mulai uji coba terbatas pada layanan taksi otonom di Phoenix, Arizona.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: