sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
Rabu, 13 Nov 2019 09:30 WIB

VW dan HP ingin produksi bagian mobil menggunakan printer 3D

Awalnya, bagian-bagian itu akan mencakup barang-barang seperti kenop perpindahan gigi dan dudukan cermin.

VW dan HP ingin produksi bagian mobil menggunakan printer 3D

Meski pencetakan 3D sering dibahas sebagai teknologi baru yang penting untuk industri otomotif, sejauh ini belum banyak berdampak. Baru-baru ini Volkswagen (VW) dan Hewlett-Packard (HP) mengklaim telah membuat terobosan besar dalam pemcetakan logam 3D, menunjukkan bahwa teknologi tersebut dapat mengimbangi tuntutan produksi mobil tertinggi.

HP menunjukkan bahwa printer Metal Jet 3D miliknya dapat menghasilkan banyak suku cadang mobil dalam jumlah waktu yang wajar, tetapi item yang dikeluarkan oleh printer 3D itu tidak dimaksudkan untuk digunakan pada mobil produksi. Untuk meramaikan peluncuran VW ID.3 mobil listrik massal pertama VW, HP mencetak 10.000 model miniatur logam ID.3 yang dibagikan kepada para tamu.

Produksi model miniatur ID.3 mewakili fase pertama dari tiga fase rencana pencetakan 3D VW. Pabrikan mobil tersebut berencana menggunakan pencetakan 3D untuk suku cadang struktural kendaraan generasi berikutnya. Dilansir dari Digital Trends (11/11), kedua perusahaan berharap untuk meningkatkan jumlah komponen yang diproduksi, dan beralih dari membuat komponen aksesori menjadi komponen yang lebih vital.

Tujuan utamanya adalah untuk memproduksi 50.000 hingga 100.000 suku cadang per tahun. Awalnya, bagian-bagian itu akan mencakup barang-barang seperti kenop perpindahan gigi dan dudukan cermin, tetapi HP mengklaim bahwa pada akhirnya akan dapat menghasilkan suku cadang logam yang sepenuhnya bersertifikasi keselamatan.

Pendukung pencetakan 3D tidak menemukan kekurangan aplikasi potensial, tetapi penggunaan pada otomotif sejauh ini cukup kecil. Ford menggunakan beberapa suku cadang cetak 3D untuk rem Mustang Shelby GT500, dan Aston Martin DBS GT Zagato memiliki beberapa potongan trim pencetakan 3D. Baik Ford dan Aston Martin telah membahas pencetakan 3D sebagai cara untuk menawarkan pelanggan lebih banyak cara mempersonalisasikan mobilnya, karena teknologi ini memungkinkan komponen untuk diproduksi lebih terjangkau.

Share
back to top