VR Oculus generasi terbaru bakal dilengkapi kamera internal

Sejumlah produk VR menggunakan tracking inside-out untuk menghilangkan kebutuhan pada aksesori mahal dan membuka kemungkinan untuk portabilitas.

VR Oculus generasi terbaru bakal dilengkapi kamera internal Source: DAVID HEANEY via Upload VR

Oculus kabarnya akan menghadirkan headset VR terbaru yang diprediksi memiliki nama Rift S. Upload VR melaporkan bahwa perangkat tersebut akan terintegrasi dengan kamera. Dengan demikian pengguna tidak perlu menambahkan kamera eksternal sebagai fungsi tracking.

Dilansir dari The Verge (5/2), headset ini kemungkinan memiliki sistem kamera dan sensor yang memungkinkan pengguna dan perangkat berada di ruang 3D. Oculus pun tidak perlu aksesori eksternal untuk melakukan hal tersebut. Sejumlah produk VR di masa datang juga bakal menggunakan tracking inside-out terutama untuk menghilangkan kebutuhan pada aksesori mahal dan membuka kemungkinan agar lebih portabel.


BACA JUGA

ARM bisa jadikan perangkat VR lebih nyaman digunakan

Ford andalkan VR untuk mendesain mobil

Facebook segera jual Oculus Rift S dan Quest di 22 negara


Bukan berarti dengan bigini Rift S bisa digunakan secara nirkabel. Pengguna mungkin masih perlu menyambungkan perangkat ke PC untuk pemrosesan eksternal. Untuk pengalaman Oculus nirkabel, pengguna harus membeli headset Oculus Go atau Oculus Quest.

Jadi sepertinya Rift S diposisikan sebagai headset VR berkualitas tinggi yang tidak merepotkan bagi pengguna PC. Perangkat VR ini tidak akan berjalan secara nirkabel tanpa sebuah adaptor.

Rift S juga akan membutuhkan gim VR berbasis Windows agar dapat digunakan. Perbedaannya adalah pengguna tidak perlu mengatur kamera-kamera yang menganggu demi mendapatkan pengalaman VR berskala penuh karena headset akan melakukan pelacakan secara otomatis.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: