VLC sedang bermasalah, uninstall sekarang juga

VLC memiliki celah kemanan serius yang belum ditambal pengembangnya secara seratus persen. Celah ini ibsa dimanfaatkan peretas untuk membajak dan melihat file Anda.

VLC sedang bermasalah, uninstall sekarang juga

Karena sifatnya yang bebas dan open-source, VLC adalah salah satu media player lintas platform paling populer di dunia. Sayangnya, cacat keamanan dan berpotensi sangat serius ditemukan di VLC.

Cacat dalam VLC (CVE-2019-13615) ditemukan oleh badan keamanan Jerman CERT-Bund. Tidak tanggung-tanggung, mereka memberikan skor kerentanan dasar 9,8. Angka itu mengklasifikasi cacat ini sebagai "kritis."


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Indonesia Blockchain Hub diresmikan

Mobil di China akan dilengkapi chip pelacak

Hikvision pamerkan solusi Safe City


Lubang keamanan VLC ini memungkinkan peretas membajak komputer Anda dan melihat file Anda.

Untungnya, sampai saat ini belum ada laporan bahwa ada yang memanfaatkan kelemahan ini. Hanya saja, WinFuture melaporkan bahwa versi Windows, Linux, dan Unix dari VLC terpengaruh kerentanan ini. Sementara VLC versi macOS tidak terpengaruh. Namun ada sejumlah besar sistem yang berpotensi rentan di luar sana.

VideoLAN, pengembang VLC, sebenarnya juga mengetahui masalah ini dan saat ini sedang menambal lubang keamanan. Saat ini, tambalan itu tampaknya baru 60 persen mereka kerjakan. 

Satu-satunya jalan Anda untuk melindungi diri saat ini adalah menghapus instalasi VLC dan beralih ke alternatif seperti KMPlayer atau Media Player Classic.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: