sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
Kamis, 09 Apr 2020 08:57 WIB

Upaya Google beri informasi selama pandemi corona

Google telah melakukan berbagai upaya untuk membantu memerangi virus corona, satu di antaranya yaitu memberikan informasi kepada masyarakat dan wartawan.

Upaya Google beri informasi selama pandemi corona
Source: Granito

Perusahaan teknologi raksasa Google, turut membantu penanggulangan pandemi virus corona (Covid-19). Google juga berperan aktif memberikan informasi kredibel terkait Covid-19 kepada masyarakat, serta melakukan beberapa peran lainnya selama masa pandemi ini.

Di Indonesia, apabila pengguna menelusuri “coronavirus tes dekat saya”, “tes virus corona dekat saya” atau “tes covid 19 dekat saya” di Google Search atau Maps, maka akan Google akan menampilkan lokasi Rumah Sakit terdekat yang. Untuk mengetahui rekomendasi rumah sakit tersebut berasal dari pemerintah, Google menandainya dengan label "Pusat Tes Covid-19". Google juga mengaktifkan notifikasi pengingat bagi orang-orang untuk memverifikasi informasi dengan menghubungi hotline “119” sebelum mereka mendatangi tempat tes.

Tampilan Google search dan Google Maps yang menampilkan lokasi tes Covid-19

Kampanye cuci tangan juga diserukan Google melalui Google Search dan Google Assistant. Apabila Anda melakukan pencarian seputar “tips coronavirus” dan “tips COVID-19”, Google akan menampilkan kampanye kesadaran kebersihan diri seperti “Lakukan 5 Hal” yang satu di antaranya adalah mencuci tangan. Tips-tips ini berasal dari link informasi resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dipimpin oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),

Di samping itu, Google Assistant akan memberikan panduan cuci tangan melalui lirik lagu yang dibuatnya selama 40 detik. Anda dapat menemukan pilihan lagu untuk cuci tangan apabila mengucapkan “lagu cuci tangan.”

Tampilan Google dan Google Assistant cara mencuci tangan

Goolge Trends, penghimpun data Google juga telah membantu wartawan dalam mengetahui apa saja yang menjadi keprihatinan dan prioritas orang banyak. Selain itu Google juga memperluas dukungan terhadap International Fact-Checking Network dan organisasi-organisasi lain yang membagikan fakta dan hasil penelitian yang kredibel.

Lain lagi di Youtube, untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terbaru dari sumber yang kredibel, terdapat Galeri “Berita COVID-19” di beranda. Youtube juga menghindari konten-konten berbahaya terkait Covid-19 dengan lebih menonjolkan sumber-sumber terpercaya dalam beranda dan sistem rekomendasi.

Channel YouTube Indonesia menghimpun para kreator dengan konten #dirumahaja untuk mendukung anjuran pemerintah agar tetap berada di rumah. Kontennya beragam mulai dari “Masak Sama Saya” dan “Mabar Sama Saya” hingga “Bersih-Bersih Sama Saya" dan "Belajar Sama Saya" serta 9 playlist lainnya.

Channel Youtube Sama-Sama di rumah

Menurut Google, krisis berskala besar yang terjadi saat ini memerlukan upaya berkelanjutan. Maka dari itu, masih banyak hal yang perlu Google lakukan ke depannya untuk membantu memerangi virus ini.

Share
back to top