sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
Kamis, 16 Apr 2020 11:57 WIB

TV Samsung bisa bikin suara seolah-olah keluar dari layar

Selain dari sisi visual, TV QLED 8K Samsung juga dilengkapi dengan audio unggulan. Karena ukuran rata-rata layar TV terus meningkat, performa suara juga sama pentingnya.

TV Samsung bisa bikin suara seolah-olah keluar dari layar

Samsung baru saja meluncurkan jajaran TV QLED 8K mereka. Perusahaan ini mengandalkan AI, Machine Learning, dan prosesor khusus agar dapat meningkatkan resolusi di bawah 8K (HD, FHD, 4K) agar dapat menampilkan resolusi 8K melalui proses upcsaling.

Jajaran TV ini juga memiliki teknologi untuk memutar konten YouTube 8K secara real-time melalui AV1, yang merupakan teknologi kompresi yang paling umum digunakan. Sementara itu, karena codec AV1 mendukung HDR10, kamu dapat menikmati konten streaming HDR 8K pada resolusi 8K sehingga menampilkan kontras dan kecerahan yang optimal.

Selain dari sisi visual, TV QLED 8K Samsung juga dilengkapi dengan audio unggulan. Karena ukuran rata-rata layar TV terus meningkat, performa suara juga sama pentingnya. Dengan demikian pada jajaran QLED Samsung 2020 ini mereka mengenalkan fitur baru bernama Object Tracking Sound+ (OTS+).

Seperti yang kita ketahui, sebagian TV saat ini memiliki speaker yang menghadap ke bawah. Jenis speaker ini sering menjadikan suara mengumpul di tengah TV. Alhasil, sensasi suara stereo cenderung sempit. Untuk TV yang berukuran besar, konsumen merasakan sumber suara menjadi terlalu rendah.

Itulah sebabnya Samsung menciptakan teknologi audio bernama OTS+. Perusahaan asal Korea Selatan ini mendesain speaker kiri dan kanan selebar mungkin. Selanjutnya, mereka menambahkan sepasang speaker di bagian atas TV. Ada pula tweeter pada sisi TV yang diklaim mampu meningkatkan sensasi. Jadi intinya, fitur OTS+ memungkinkan kamu menikmati audio bergerak secara real-time pada layar. Ya, ini mengingatkan saya pada teknologi Sony bernama Acoustic Surface pada jajaran TV OLED Bravia mereka

Selain OTS+, ada pula fitur yang bernama AVA (Active Voice Amplifier) yang berguna untuk secara otomatis menyesuaikan dan mengoptimalkan suara secara real-time sehingga pengalaman menonton lebih optimal. Melalui sensor yang terintegrasi, AVA secara khusus menguatkan volume suara dan ucapan sehingga dapat didengar meski tiba-tiba ada suara bising di sekitar TV.

Share
back to top