sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Jumat, 18 Des 2020 17:59 WIB

Traveloka rilis destinasi wisata paling diminati di Indonesia

Pada bulan November-Desember ini Bali menjadi provinsi yang paling favorit dan diminati untuk berwisata termasuk sebagai destinasi staycation dan road trip

Traveloka rilis destinasi wisata paling diminati di Indonesia
Ilustrasi: Te Lensfix via Pexels

Indonesia adalah adalah negara maritim, yang secara otomatis memiliki banyak pulau. Gugusan pulau di tanah air terhampar dari Sabang sampai Merauke. Dengan demikian, Indonesia kaya akan tempat wisata. Peningkatan tren berwisata di Indonesia bisa diketahui salah satunya dengan melihat jumlah pencarian kata-kata kunci terkait ‘traveling’ di mesin pencarian.

Mengulik data dari Google Trends, pada bulan November-Desember ini Bali masih menjadi provinsi yang paling favorit dan diminati untuk berwisata termasuk sebagai destinasi staycation dan road trip. Berdasarkan data internal Traveloka juga turut menyebutkan Bali sebagai salah satu destinasi paling diminati di bulan Desember 2020.

Selain tujuan Pulau Dewata tersebut, destinasi domestik yang populer di bulan ini yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Puncak, Yogyakarta, dan Malang. Berikut adalah uraian tren destinasi paling dicari bulan ini berdasarkan data dari Google Trends:

1. Bali

Tidak hanya bagi pelancong domestik, keindahan pariwisata Bali sendiri telah tersohor hingga kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini bisa dilihat dengan persentase rata-rata pencarian topik seputar travel mengenai Bali yang mencapai 83% pada bulan September. Sejak pariwisata Bali dibuka secara resmi akhir Juli lalu, Bali terus mendominasi tren pencarian destinasi wisata. Beberapa kabupaten yang menjadi incaran para wisatawan adalah Gianyar, Tabanan, Karangasem, Badung, dan Buleleng.

2. Jakarta

Jakarta merupakan tempat unsur-unsur tradisional dan modern serta beragam budaya dari seluruh penjuru Indonesia berpadu. Selain terkenal sebagai salah satu kota terpadat, Jakarta juga memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara.

Tidak heran jika Jakarta menempati posisi kedua sebagai destinasi travel di Indonesia paling dicari dengan rata-rata persentase di bulan September mencapai 39%. Tidak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta yang menjadi pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia menjadikannya juga destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri.

3. Lampung

Beralih ke Pulau Sumatera. Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di pulau tersebut dengan ibu kota Bandar Lampung. Sebagai destinasi Provinsi yang paing dicari, Lampung memiliki rata-rata persentase pencarian sekitar 10% di bulan September.

Provinsi ini memiliki dua kota, yaitu Bandar Lampung dan Metro serta 13 kabupaten. Posisi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa membuatnya terkenal akan keberadaan pantai-pantai menawan.

4. Yogyakarta

Dengan rata-rata persentase pencarian 32%, Daerah Istimewa Yogyakarya (DIY) menempati posisi ketiga destinasi paling dicari di mesin pencari bulan September ini. Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarya juga merupakan kota wisata populer yang ada di Indonesia.

Seperti kata penyair “akan selalu ada sesuatu di Jogja”, daya tarik wisata di kota ini sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis.

4. Jawa Barat

Terdapat banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat yang menjadikan Provinsi ini mempunyai persentase pencarian rata-rata sekitar 7% sebagai destinasi yang paling dicari di bulan September. Berbatasan langsung dengan ibu kota negara, Jakarta. Provinsi ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi bersama partner traveling kamu mulai dari Lembang, Sukabumi, Cirebon, hingga ibu kotanya Bandung.

Menyusul destinasi travel di Indonesia paling dicari di atas, destinasi-destinasi di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan hingga Papua menyusul dengan rata-rata persentase pencarian di bulan ini sebanyak 2% jika dibandingkan dengan destinasi travel di Indonesia lainnya.

Share
×
tekid
back to top