Tokopedia umumkan suntikan dana baru Rp16 triliun

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan bahwa dana yang didapat akan digunakan untuk mengembangkan Tokopedia agar dapat membatu UMKM lebih baik lagi.

Tokopedia umumkan suntikan dana baru Rp16 triliun Logo Tokopedia (Tokopedia)

Tokopedia saat ini menjadi salah satu raksasa ecommerce di Indonesia. Meski begitu, mereka menyadari bahwa saat ini mereka masih melakukan pertempuran dengan beberapa ecommerce lokal maupun luar negeri.

Untuk itu, Tokopedia kembali mengumumkan pendanaan baru untuk mengembangkan bisnis mereka. Diketahui, kali ini giliran SoftBank dan Alibaba Group yang mengepalai pendanaan tersebut.


BACA JUGA

Tokopedia raup penjualan Rp18,5 triliun selama ramadan

Ramadan, Tokopedia targetkan lonjakan hingga 50 kali lipat

Masyarakat Indonesia semakin sering pakai jasa toko dan pinjaman online


Di belakang kedua perusahaan tersebut, ada juga partisipasi dari Softbank Ventures Korea. Tak ketinggalan, investor-investor Tokopedia sebelumnya juga ikut andil dalam pendanaan baru ini. Tak heran, suntikan dana baru yang didapat Tokopedia mencapai USD1,1 miliar atau sekitar Rp16 triliun lebih.

Dalam sebuah pernyataan yang diterima tim tek.id, CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan suntikan dana ini, akan mereka pakai untuk fokus pada pasar Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Hal ini mereka lakukan dengan mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur yang akan memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

“Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital. Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) dimana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline,” kata William.

“Hal ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia dan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.”ujarnya.

Alasan para pemberi dana berani menyuntikkan dana yang besar ke Tokopedia karena beberapa hal. Salah satunya karena mereka melihat ecommerce ini sangat getol membantu pengusaha UMKM di Indonesia.

Lydia Jett, selaku Senior Investor SoftBank Investment Advisers, dan Anggota Dewan Tokopedia mengatakan, “Sejak didirikan, Tokopedia telah membantu jutaan UMKM Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok nusantara. Tokopedia telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia,”

“Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan." katanya.

Di sisi lain, Kenny Ho, Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba Group berkata, “Kami melihat misi perusahaan kami - memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja - tercermin dalam perjalanan Tokopedia.”

“Kami sangat antusias untuk mempererat hubungan kami dengan Tokopedia demi memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia,” sambungnya.

Sekadar informasi, sebenarnya kabar mengenai adanya kucuran dana baru ini sudah terendus semenjak akhir November silam. Namun, kala itu pihak Tokopedia masih malu-malu untuk mengumumkannya.

Selain suntikan dana ini, mereka juga telah mendapatkan suntikan dana dengan besaran yang sama pada Agustus tahun lalu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: