sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 13 Jul 2021 10:42 WIB

Tips pakai fitur tersembunyi di Google Maps

Google Maps memiliki sejumlah fitur yang mungkin tidak diketahui semua orang, berikut Tek.id rangkum tips pakai fitur tersembunyi di Google Maps.

Tips pakai fitur tersembunyi di Google Maps
Source: Pexels

Google Maps mungkin bukan salah satu aplikasi favorit Anda. Tetapi tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu aplikasi dan layanan terpenting yang digunakan secara rutin. Mulai dari mencari restoran baru hingga menavigasi ke suatu lokasi dengan ponsel, Google Maps adalah bantuan navigasi yang banyak digunakan pengguna smartphone Android.

Selain fungsi navigasinya, Google Maps juga memiliki lusinan manfaat lain. Berikut ini Tek.id bagikan tips pakai fitur tersembunyi di Google Maps.

Tips 1: Timeline

Google Maps Timeline adalah salah satu fitur yang paling menarik, tetapi sering diremehkan. Fitur ini dapat menunjukkan riwayat lokasi pengguna, apabila lokasi smartphone diaktifkan. Jadi, Timeline dapat membantu pengguna ketika mencoba mengingat rute yang pernah dilalui atau dikunjungi.

Untuk melihat Timeline, buka bagian Profil di Google Maps dan pilih menu TImeline. Di sana Anda dapat melihat riwayat perjalanan selama periode waktu tertentu. Google juga menambahkan fitur baru dalam Timeline, yaitu Insight yang memberikan representasi visual tentang mode perjalanan yang telah Anda gunakan dan jenis tempat yang sering Anda kunjungi.

Tips 2: Sembunyikan rumah Anda

Google Maps Street View adalah alat yang hebat untuk menjelajahi tempat baru dan asing secara virtual. Tetapi, ada kalanya Anda mungkin tidak ingin orang lain melihat lokasi atau tempat tinggal Anda. Untungnya, Google Maps memberikan opsi untuk menyembunyikan lokasi dari Google Street View. 

Fitur dapat dilakukan seperti halnya fitur menggambar jalan****, namun di bagian Report Inappropriate Street View. Ini paling baik dilakukan dari browser web, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Perlu diketahui, setelah Google menerima permintaan Anda, ini akan berlaku permanen.

Tips 3: Split screen

Salah satu fitur hebat di perangkat Android adalah mode split screen. Ternyata, mode ini juga bisa dilakukan saat membuka Google Maps. Namun, ini akan berfungsi maksimal jika dibuka melalui PC, laptop, atau layar yang lebih besar. Dengan hanya beberapa ketika, Anda dapat melihat detail alamat, serta tampilan jalannya dalam satu layar yang sama.

Tips 4: Simpan peta secara offline

Terkadang, perjalanan membawa Anda ke tempat-tempat yang tidak terjangkau jaringan seluler atau layanan Wi-Fi yang baik, tetapi Anda memerlukannya untuk menavigasi Maps. Untungnya, Anda dapat mencari lokasi terlebih dahulu, mengunduh, dan menyimpan peta area tertentu untuk digunakan saat ponsel tidak tersambung dengan Google Maps. Ini bukan hanya rencana alternatif yang baik, tetapi juga dapat menghemat baterai smartphone.

Tips 5: Menemukan lokasi vaksin 

Untuk menemukan lokasi vaksin terverifikasi, Anda dapat mengetik kata kunci “Vaccine near me” atau “Vaksin di dekat saya” di bagian Search Google Maps. Layar kemudian akan menampilkan daftar hasil dan informasi tentang apakah lokasi tersebut memerlukan janji temu atau menerima walk-in. Jika Anda dapat menerima vaksin tapi belum melakukannya, harap lakukan sesegera mungkin.

Share
×
tekid
back to top