sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 15 Jun 2022 10:01 WIB

Tips menghindari serangan phishing

Agar terjaga dari ancaman serangan phishing, berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan oleh pengguna untuk mengamankan data digital.

Tips menghindari serangan phishing
pixabay

Pada era digital seperti sekarang, sebagian besar kegiatan masyarakat dilakukan lewat dunia maya. Di Indonesia sendiri digitalisasi yang cepat akibat pandemi telah meningkatkan upaya siber di berbagai lini kehidupan, termasuk pada sektor keuangan. 

Selain dapat mempermudah kegiatan transaksi pengguna, sektor ekonomi digital juga memperbesar kemungkinan adanya serangan siber melalui metode phishing. Data terbaru Kaspersky mengungkap, hampir separuh (47,08 persen) upaya phishing di Indonesia menyasar sektor keuangan. 

Agar terjaga dari ancaman serangan siber phishing, Kaspersky membagikan beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pengguna. Cara ini dapat digunakan untuk melindungi aplikasi perbankan dan transaksi digital lain yang pengguna miliki. 

  • Jangan menanggapi permintaan dan SMS dari kontak yang tidak dikenal

Pengguna lebih baik menghindari dan tidak menanggapi permintaan pesan dari kontak yang tidak dikenal. Ketika pengguna membalas pesan dengan ‘UNSUBSCRIBE’ atau ‘STOP’ pada layanan SMS, maka penyerang dapat mengidentifikasi bahwa nomor telepon tersebut aktif dan masih digunakan. Jadi, agar terhindar dari ancaman cyber security, pengguna lebih baik mengabaikan permintaan tersebut. 

  • Hindari menggunakan tautan atau informasi kontak lain dalam email dan pesan

Jangan pernah menggunakan tautan ataupun informasi kontak ke dalam email atau pesan pada layanan SMS. Untuk mendapatkan informasi, lebih baik pengguna langsung mengakses dari saluran kontak yang meyakinkan. Sehingga pemberitahuan mendesak dapat diverifikasi langsung pada akun online dan melalui saluran bantuan telepon resmi. 

  • Perhatikan berbagai bentuk kesalahan ketik dan karakter aneh dalam teks

Perhatikan dengan teliti berbagai bentuk kesalahan ketik hingga karakter aneh yang terdapat dalam pesan. Pasalnya, beberapa penyerang ada yang benar-benar kesulitan dengan bahasa Inggris. Selain itu, biasanya beberapa kesalahan ketik itu sengaja dibuat untuk melewati filter spam dari pengaturan keamanan. 

  • Baca pesan dengan seksama 

Ketika mendapatkan pesan atau email yang bersifat mendesak, pengguna sebaiknya membaca isi pesan tersebut dengan seksama. Pendekatan melalui pesan seperti informasi penawaran bisa menjadi tanda dari adanya upaya phishing. Untuk dapat menghindari pesan seperti ini, pengguna lebih baik membaca isi pesan dengan seksama sebelum memutuskan untuk membalasnya. 

  • Unduh aplikasi anti-malware 

Dengan menggunakan aplikasi anti-malware, pengguna dapat melindungi data digital yang dimiliki. Aplikasi anti-malware ini juga akan menjadi pengaman tambahan agar terhindar dari upaya phishing
 

Share
×
tekid
back to top