sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
Selasa, 13 Apr 2021 11:48 WIB

3 cara optimalkan fitur baterai biar smartphone tahan lama

Untuk memperpanjang masa pakai dan daya tahan baterai, pengguna hanya perlu mengotimalkan fitur-fitur cerdas pada menu pengaturan baterai.

3 cara optimalkan fitur baterai biar smartphone tahan lama

Memiliki smartphone yang tahan lama tentunya menjadi salah satu fitur yang cukup dicari saat ini. Kehabisan baterai smartphone saat sedang melakukan aktvitas harian tentunya sangat mengesalkan. Terlebih lagi, kalian sedang mencari rute pulang sehabis berlibur ke tempat wisata yang lokasinya belum pernah kalian kunjungi sebelumnya. Andalkan aplikasi navigasi, jadi opsi pertama untuk menuntun kalian pulang. Namun, bagaimana jika daya pada baterai sudah sekarat.

Sejatinya beberapa vendor sudah menawarkan fitur untuk mengotimalkan daya tahan baterai. OPPO misalnya, mereka memiliki beberapa fitur pengotimalan baterai yang bisa menyelamatkan kalian di masa-masa genting dengan memperpanjang masa pakai. Fitur pertama Super Power Saving Mode namanya.

Fitur tersebut dapat memperpanjang masa pakai baterai di saat baterai kritis atau tersisa sedikit. Mode ini menggunakan beberapa intruksi dari sistem untuk mengatur frekuensi CPU sampai kecerahan layar, tujuannya mengoptimalkan penggunaan daya agar tidak ada daya yang terbuang percuma.

Meski baterai smartphone tersisa 5%, perangkat OPPO Reno5 dapat menunjukkan arah pulang dan bertahan hingga 50 menitan. Tentunya hal ini bisa jadi fitur penyelamat di saat genting.

Ada pula fitur pengoptimalan daya baru yang dikenalkan pada perangkat Reno5, termasuk seri F yang belum lama ini diluncurkan. Fitur ini disebut Super Nighttime Standby, cara bekerjanya fitur ini dengan mempelajari rutinitas waktu tidur penggunanya.

Fitur yang termasuk pada ColorOS ini dapat membuat profil ketika penggunanya sedang tidur, kemudian mengoptimalkan konsumsi baterai. Hal ini membuat konsumsi daya yang terpakai saat pengguna tidur sangat kecil. Umumnya, fitur Super Nighttime Standby hanya memakai baterai sebesar 2% saja.

OPPO juga memiliki fitur untuk menunda penuaan masa pakai baterai dengan mengoptimalkan daya masuk saat di-charge semalaman. Fitur yang disebut Optimized night charging ini dapat mengontrol kecepatan charge saat malam hari untuk menghindari kelebihan muatan yang bisa memberikan dampak pada kesehatan baterai.

Ketiga fitur ini bisa kalian temukan pada menu Pengaturan, kemudian pilih menu Baterai. Untuk memperpanjang daya tahan baterai kalian bisa mengaktifkan Super Power Saving. Sementara dua fitur pengoptimalan lainnya ada pada menu pengaturan baterai lainnya (More batrery settings).

Editor
Share
×
tekid
back to top