sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
Selasa, 26 Mei 2020 13:26 WIB

Tips hapus email lama pada akun Google

Hanya dengan menghapus email lama dan yang memiliki attachment besar, kita dapat membebaskan penyimpanan di akun Google kita.

Tips hapus email lama pada akun Google

Berkirim dan menerima email saat ini menjadi salah satu hal yang sering dilakukan selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang menggunakan email untuk berkirim pesan satu dengan yang lainnya.

Namun, salah satu hal yang menjadi perhatian adalah kapasitas penyimpanan cloud mereka yang semakin menipis. Google misalnya memberikan penyimpanan cloud sebesar 15GB secara gratis kepada para pengguna.

Hal inilah yang saya rasakan selama WFH dua bulan terakhir ini. Jumlah email yang saya miliki, baik di inbox maupun sent item sudah mencapai jutaan buah. Dan saat saya cek, Gmail saya sudah terisi 70 persen dari total penyimpanan yang ada.

Nah, pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana memilah email untuk dihapus. Cara pertama yang biasanya saya lakukan adalah menghapus email yang sudah berusia diatas 2 tahun. Lalu, bagaimana mencarinya?

Di bagian atas Gmail terdapat kotak pencarian. Nah, kita bisa menyortir email yang sudah diatas 2 tahun dengan mengetikkan older_than:2y. Kalian juga bisa mengganti angkanya misalnya menjadi 1 tahun atau 3 tahun.

Selain dapat mencari dengan seberapa lama email sudah ada di dalam akun kita, kita juga bisa lho menyeleksi melalui label atau kategori. Jika diperhatikan, kategori social dan updates paling banyak ada di dalam email saya.

Cara mencari menggunakan kategori adalah dengan mengetikkan category:social atau category:updates.

Sedangkan trik terakhir yang biasa saya gunakan adalah dengan mencari email yang memiliki attachment yang besar. Biasanya, saya mencari email yang memiliki attachment yang memiliki besaran lebih dari 5mb.

Untuk cara melakukan sorting dengan menggunakan besaran attachment, kalian tinggal mengetikkan has:attachment larger:5M. Ini berguna bagi kalian yang sering menerima dan mengirim file dengan kapasitas besar.

Nah, setelah mengetahui dasar-dasar pencarian di Gmail, kita bisa menggabungkan trik pencarian diatas. Sebagai contoh, saya ingin menghapus email yang memiliki attachment diatas 5MB dengan umur surat diatas 2 tahun. Jadi, kita hanya harus mengetikkan has:attachment larger:5M older_than:2y.

Setelah itu, pilih semua email yang dikehendaki, lalu klik delete. Setelah itu, jangan lupa untuk masuk ke Trash, dan hapus email yang sudah kita pilih tadi secara permanen.

Hasilnya? Setelah saya melakukan penghapusan email di akun Gmail saya, saya berhasil memangkas sekitar 3GB. Dan ini cukup mengejutkan mengingat ini hanya menghapus email, dan bukan menghapus file di Google Drive kita. So, selamat mencoba!

Share
×
img
×
tekid
back to top