sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Sabtu, 13 Jan 2024 16:16 WIB

Terobosan One UI 6 terbaru pada kamera Galaxy, Berikan kemudahan memotret layaknya profesional

Ditambahkannya fitur AI ke dalam One UI 6, perangkat Galaxy kini dapat memotret lebih baik layaknya hasil jepretan profesional.

Terobosan One UI 6 terbaru pada kamera Galaxy, Berikan kemudahan memotret layaknya profesional

Peluncuran lini ponsel terbaru dari Samsung sudah di depan mata. Banyak hal yang akan mereka perkenalkan bersamaan dengan meluncurkan perangkat smartphone flagship terbaru Samsung tersebut, dimana salah satunya memperkenalkan One UI 6.

Nah, ada banyak hal yang menarik untuk dibicarakan mengenai One UI 6. Tapi, yang paling seru untuk dibahas adalah mengenai kemampuan AI, yang mengaktifkan banyak kemampuan baru, termasuk di bagian kamera.

Soalnya, tak dapat dipungkiri kamera merupakan salah satu hal yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Baik untuk mengabadikan momen spesial hingga untuk bekerja dan membuat konten, pastinya kamera dengan fitur terbaik akan membuat hasil foto terlihat profesional.

Tapi apa saja sih kemampuan AI yang ditawarkan oleh One UI 6 di sisi kamera? Kalau kalian penasaran, yuk kita bahas!

Fungsionalitas Cerdas yang Menyederhanakan Keseharian

One UI 6 menghadirkan peningkatan teknologi AI pada kamera Galaxy yang meminimalkan jumlah langkah yang diperlukan untuk melakukan proses yang paling sering digunakan, sekaligus memastikan setiap bidikan yang diambil selalu indah.

Yang pertama ada aplikasi Samsung Galaxy Enhance-X, dimana dapat menerapkan pengeditan yang optimal secara instan pada foto dan video dengan satu sentuhan. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai fitur yang satu ini :

  • Sky Guide memungkinkan pengguna untuk memamerkan pengetahuan astronomi – ambil foto langit malam berbintang dan fitur ini akan menggunakan AI untuk menganalisis gambar dan menunjukkan rasi bintang, bintang, galaksi, nebula, dan gugus yang kamu tangkap.
  • Clean Lens memastikan bidikan terlihat persis seperti yang kamu inginkan dengan menghilangkan blur akibat bekas sidik jari pada lensa kamera.
  • Slow-mo membantu membuat bidikan slow motion dari video normal dengan menghasilkan frame ekstra.
  • Long Exposure memperbaiki video pendek (60 detik atau kurang) dengan menganalisis scene dan menerapkan efek long exposure, seperti lalu lintas padat di jalan raya yang diubah menjadi jalur cahaya yang indah.
  • Single Take, fitur populer pada kamera Galaxy, sekarang tersedia di Enhance-X. Fitur ini menerapkan analisis AI pada video dan memilih foto dan klip terbaik untuk konten yang dapat dibagikan secara instan. 
  • Di aplikasi Enhance-X, pengguna dapat menerapkan Single Take pada gambar bergerak dan video yang telah diambil, sehingga pengguna dapat memanfaatkan momen secara maksimal bahkan setelah momen tersebut berlalu.

Kemudian ada juga fitur AI Image Clipping, dimana fitur ini sangat berguna jika kamu ingin memotong obyek dari sebuah gambar, kamu bisa langsung menyimpannya sebagai stiker yang bisa ditambahkan ke foto dan video lain kapan pun kamu inginkan.

Sebuah menu akan muncul ketika kamu mengetuk dan menahan objek, memberi kamu opsi untuk menyalin atau membagikan potongan gambar atau menyimpannya sebagai stiker atau gambar. 

Jika kamu menyimpannya sebagai stiker, kamu dapat dengan mudah mengambil dan menambahkannya ke konten lain kapan pun kamu menggunakan Editor pada smartphone atau aplikasi sosial.


 
Ada juga fitur Scan Dokumen dimana akan dapat memudahkan mengambil dan menyimpan dokumen dari sebelumnya dengan kemampuan baru untuk memindai konten, bahkan ketika pengaturan Scene Optimizer dinonaktifkan. 

Sekarang, teknologi AI pada smartphone akan mendeteksi ketika kamu mengambil foto dokumen dan secara otomatis memunculkan layar edit Auto Scan, di mana kamu dapat merotasi, meluruskan, dan menyimpannya – tanpa perlu melakukan langkah tambahan. 

Fitur ini bahkan dapat secara otomatis mengenali jari di dalam frame dan menghapusnya.

Pengaturan Baru untuk Mempersonalisasi Cara Mengambil Gambar

Dengan One UI 6, pengguna dapat menikmati sejumlah opsi yang memungkinkan mereka mengkustomisasi setting kamera agar sesuai dengan preferensi dan menawarkan kenyamanan maksimal.

Salah satu contohnya adalah Quick Setting Resolusi Tinggi. Fitur ini sangat berguna apabila pengguna mengambil foto dalam Photo atau Pro Mode. Kini tersedia tombol Resolusi dalam menu Quick Settings (Pengaturan Cepat) di bagian atas layar. 

Hanya dengan satu tap, kamu bisa langsung mengalihkan kamera ke resolusi tinggi dan mengambil foto 200MP.

Kehadiran Custom Camera Widget juga dapat memudahkan meluncurkan kamera saat pengguna menemukan momen spesial yang tiba-tiba muncul. One UI 6 memastikan kamu tidak perlu membuang waktu untuk pindah ke kamera dan memilih setting yang tepat untuk scene yang ada.

Sekarang, kamu dapat menyimpan mode pemotretan sebagai widget kamera yang ada di home screen, sehingga kamu dapat dengan cepat mengetuk tombol ketika kamu ingin mengambil foto portrait yang memukau atau selfie malam hari yang jernih dengan cepat.

Foto Indah yang Dibuat Sederhana

One UI 6 hadir dengan berbagai fitur yang sudah disempurnakan, yang membuat mengambil, melihat dan mengatur foto makin mudah, serta mengedit dengan cepat.

Di One UI 6 hadir fitur Tata Letak Photo Editor yang Intuitif dimana menghadirkan menu Tools yang baru dan lebih baik pada kamera Galaxy, sehingga mudah untuk menemukan dan memilih fitur pengeditan yang paling sering digunakan.

Selain itu, sekarang pengguna dapat mengoreksi alignment vertikal dan horizontal foto pada satu layar yang nyaman, berkat integrasi fungsi Straighten dan Perspective dalam menu edit Transform.

Terakhir, ada juga  Tombol Undo dan Redo yang baru. Fitur ini hadir dengan tombol panah Undo dan Redo yang baru ditambahkan, pengguna dapat dengan mudah beralih di antara ukuran foto, angle, filter dan penyesuaian tone tanpa perlu mencemaskan, apakah pengguna akan membuat perubahan permanen yang tidak disukai.

Editor
Share
×
tekid
back to top