Telegram bisa tambahkan kontak dari orang sekitar

Telegram versi terbaru sudah hadir dengan sejumlah fitur baru, salah satunya adalah kemampuan untuk menambahkan kontak dengan memindai orang sekitar.

Telegram bisa tambahkan kontak dari orang sekitar Source: Google

Telegram hadir dengan versi baru untuk perangkat iOS dan Android. Dengan versi baru ini, pengguna Telegram dapat menambahkan kontak dari fitur “Add People Nearby”. Bukan hanya menambahkan kontak, pengguna pun bisa bergabung dengan grup lokal di lokasi tertentu. 

Dilansir dari GSMArena (25/6), pengguna Telegram dapat menambahkan siapa saja ke kontak mereka menggunakan fitur People Nearby. Sesuai namanya, fitur ini akan menampilkan pengguna Telegram lain dalam radius tertentu. Caranya adalah dengan membuka menu kontak, kemudian pilih Add People Nearby. 


BACA JUGA

Telegram diserang hacker karena dipakai demonstran Hong Kong

Kini Telegram izinkan pengguna jadi pengirim pesan anonim

Akibat Facebook tumbang, Telegram dapat tiga juta pengguna baru


Untuk diketahui, ada satu syarat yang harus terpenuhi ketika hendak menambahkan orang lain dari fitur People Nearby. Kedua pengguna harus berada di mode yang sama, yakni sama-sama membuka menu People Nearby. Selanjutnya, ketuk nama pengguna tersebut untuk menambahkannya ke daftar kontak. 

Tak hanya itu, dengan update terbaru ini, pengguna juga bisa menambahkan orang lain ke kontak mereka walaupun tidak mengetahui nomor telepon orang yang dimaksud. Syaratnya, orang tersebut harus mengirim pesan terlebih dulu ke pengguna Telegram lainnya. 

Fitur lainnya, adalah masuk ke grup lokal pada lokasi tertentu. Caranya tidak jauh berbeda dengan Add People Nearby. PIlihan grup lokal akan berada di bawah daftar People Nearby. Di sana, pengguna bisa langsung bergabung dengan grup yang tersedia. Hal yang sama juga terjadi bagi pengguna Instagram yang membuat grup baru. Orang di sekitarnya dapat bergabung dengan grup tersebut dengan mekanisme serupa. 

Admin grup nantinya dapat mentransfer hak administratornya ke anggota grup lainnya. Hal ini akan berlaku ketika admin hendak meninggalkan grup yang sudah dibuatnya.

Update baru ini sudah tersedia di toko aplikasi masing-masing platform sejak beberapa hari yang lalu. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: