Tautan Google Photos ternyata tidak aman

Pernah berbagi album melalaui Google Photos? Kalau pernah, Anda mungkin harus lebih berhati-hati lagi.

Tautan Google Photos ternyata tidak aman Source: Google

Google Photos saat ini bisa menjadi solusi menyimpan foto di cloud. Dengan begini pengguna dapat mengakses foto mereka di mana saja. Tak hanya itu, pengguna juga bisa membagikan album foto mereka ke orang tertentu. 

Sayangnya, apa yang dianggap sudah dibagikan secara privat itu ternyata dapat diakses oleh orang lain. Dilansir dari Ubergizmo (16/7), seorang peneliti bernama Robert Wiblin mengingatkan para pengguna Google Photos bahwa link yang mereka bagikan sebenarnya tidak privat sama sekali. 


BACA JUGA

Google rancang algoritma penerjemah bahasa isyarat

Google kembali hapus 85 aplikasi mengganggu dari Play Store

Google ketahuan uji fitur baru untuk Duo


Hal ini terjadi di album Google Photos tersebut yang dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki linknya. Dalam kasus tertentu, salah kirim bisa berakibat fatal bagi pemilik akun Google Photos yang bersangkutan. Fotonya bisa diakses oleh orang lain tanpa perlindungan sama sekali. 

Google sebenarnya sudah menyadari hal tersebut. Untuk itu, raksasa teknologi ini memberikan peringatan dini kepada para penggunanya. Tertulis bahwa siapapun yang memiliki tautan bersama yang dibagikan akan dapat melihat album foto yang dimaksud. 

Hal ini justru berbeda dengan sistem yang berlaku di Google Drive, kendati keduanya masih merupakan layanan Google. Di Google Drive, pengguna akan mendapatkan link berbeda setiap kali mencoba membagikan tautan kepada orang lain. Dengan ini, pengguna bisa memilih penerima secara selektif. 

Belum diketahui mengapa Google belum menerapkan cara serupa untuk Google Photos. Ini dapat menjadi peringatan bagi pengguna Google Photos agar lebih berhati-hati dalam membagikan tautan album di Google Photos. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: