Tahun depan, smartphone Android baru wajib pakai Android 10

Google menetapkan bahwa pihaknya akan berhenti menyetujui perangkat Android baru yang menjalankan sistem operasi selain Android 10 tahun depan. Keputusan ini akan berlaku setelah Januari 2020 berakhir.

Tahun depan, smartphone Android baru wajib pakai Android 10 Source: Google

Google tampaknya akan semakin tegas perihal adopsi sistem operasi Android terbaru. Pasalnya, raksasa teknologi ini bakal menghentikan izin penggunaan Android 9 Pie pada perangkat baru Android tahun depan. Nantinya smartphone Android baru hanya boleh menggunakan Android 10

Hal ini ditemukan oleh XDA Developers (9/10) melalui salinan terbaru dokumen persyaratan GMS (Google Mobile Suites) yang harus dipenuhi oleh para vendor smartphone. Dalam dokumen itu, Google secara tidak langsung menyebut kalau 31 Januari 2020 merupakan tanggal terakhir Google akan menyetujui perangkat baru dengan Android 9 Pie di dalamnya. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Google Pixel 4 akan mulai dibanderol USD799 Rp11,3 jutaan

Ini dia Pixelbook Go, laptop Google selanjutnya

Duo Pixel 4 akan segera rilis. Simak spesifikasi dan fiturnya!


Sebagaimana diketahui, GMS diperlukan oleh sebuah smartphone untuk menjalankan berbagai layanan Google. Sebelum bisa menyematkan GMS ini, manufaktur smartphone harus mengajukan proposal persetujuan ke Google. 

Proses persetujuan ini sendiri tidak mudah dan memakan waktu. Oleh karena itu, beberapa perusahaan sengaja mengajukan proposal beberapa minggu bahkan beberapa bulan sebelum perangkatnya diluncurkan. Itu pun baru disetujui setelah software yang diajukan memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan Google. Perusahaan pemilik Android ini sendiri menginginkan vendor untuk memberikan versi Android yang lebih baru pada perangkat mereka. Jadi untuk beberapa waktu, Google akan berhenti menyetujui distribusi GMS pada perangkat yang diluncurkan dengan versi Android yang lebih rendah. 

Dalam tabel di dokumen tersebut, Google akan berhenti menyetujui perangkat baru yang menjalankan Android 9 setelah bulan Januari 2020 berakhir. Keputusan ini tidak berarti Google akan mematikan Android 9. Google sendiri  masih akan menyediakan update untuk perangkat yang belum menerima update Android 10. Namun hal ini juga berlaku terbatas hingga Android 11 diluncurkan. Kabarnya Android 11 akan hadir pada Agustus tahun depan. 

Setelah Android 11 diluncurkan, Google tidak lagi menyediakan update sistem untuk Android 9. Kendati begitu, dokumen itu menyebut bahwa raksasa teknologi ini masih akan menyokong update keamanan untuk sistem operasi tersebut. 

Dengan adanya keputusan ini, tahun depan kita akan dapat menemui sistem operasi Android 10 pada smartphone Android terbaru. Hal ini akan meningkatkan persentase adopsi sistem operasi Android terbaru yang selama ini terkesan lambat. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: