sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Jumat, 13 Okt 2023 08:03 WIB

Punya format konten beragam, YouTube paling disukai Gen Z Indonesia

Survei Kantar mengungkapkan penonton Gen Z (18-24 tahun) di Indonesia setuju bahwa YouTube memungkinkan mereka mengakses beragam jenis konten (misalnya, video pendek, video panjang, dan video live. 

Punya format konten beragam, YouTube paling disukai Gen Z Indonesia

Survei terbaru dari Kantar dan Ipsos menunjukkan bahwa YouTube adalah platform video yang paling banyak ditonton dan disukai generasi Z Indonesia. Keberagaman format konten yang ditawarkan menjadi salah satu alasan platform tersebut dipilih.

Meskipun awalnya hadir sebagai platform video horizontal dengan durasi yang biasanya panjang, namun YouTube mengikuti perkembangan dunia kreatif. Perusahaan memiliki format vertikal berdurasi pendek, yakni Short dan layanan streaming di YouTube Live.

Dalam konferensi pers YouTube Work Awards: Finale 2023, Regional Director YouTube Asia-Pacific Ajay Vidyasagar mengungkapkan penonton Gen Z (18-24 tahun) di Indonesia setuju bahwa YouTube memungkinkan mereka mengakses beragam jenis konten (misalnya, video pendek, video panjang, dan video live. 

Sementara itu, survei dari Ipsos menemukan bahwa 95% dari semua responden survei berusia 18 hingga 44 tahun pernah menonton konten dari kreator atau artis tertentu dalam berbagai format (misalnya, pendek, panjang, podcast, livestream) selama 12 bulan terakhir.

Daripada berpindah platform untuk menikmati format konten lain, pengguna lebih nyaman dengan platform all-in-one seperti YouTube. Hal ini ditunjukkan dari 61% responden yang setuju bahwa YouTube lebih efektif untuk waktu mereka daripada platform video lain. 

“Generasi Z Indonesia, yang sejak lahir sudah akrab dengan smartphone dan koneksi internet sepanjang waktu, menunjukkan antusiasme sangat besar untuk menggunakan YouTube. Kami telah melihat pertumbuhan dan minat yang luar biasa untuk YouTube. Dari penjelajahan topik hingga pendalaman, baik sendirian maupun bersama orang lain, YouTube adalah satu-satunya platform yang memiliki kelengkapan dan kedalaman konten di satu tempat,” jelas Ajay di Jakarta, Kamis (12/10).

Share
×
tekid
back to top