Super VOOC: Bikin Oppo R17 makin greget

Teknologi pengisian cepat Super VOOC bukan isapan jempol belaka. Memulai debutnya pada Oppo Find X Lamborghini Edition, kini Super VOOC hadir secara massal di Oppo R17 Pro.

Super VOOC: Bikin Oppo R17 makin greget Source: Google

Pernahkah Anda membayangkan kejadian di mana dalam keadaan terdesak Anda mendapati ponsel mati total karena lupa diisi dayanya. Butuh teknologi pengisian daya yang cukup cepat untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, yang paling tidak mampu mengisi daya setengah dari kapasitas baterai dalam waktu singkat.

Sayangnya, tidak banyak teknologi yang menawarkan kemewahan tersebut. Dengan charger 5V/2A, jangan pernah berharap lebih, apalagi berharap mampu mengisi daya baterai secepat kilat. Tetapi tahukah anda, Oppo sudah memperkenalkan solusi tersebut sejak lama dengan VOOC Flash Charge.


BACA JUGA

Bocoran smartphone lipat Oppo, pakai kamera pop-up

Oppo pamerkan kamera selfie di bawah layar

Perjalanan mudik bareng Oppo F11 enggak ngebosenin


Kehadiran VOOC jelas membantu para pengguna Oppo dalam keadaan mendesak. VOOC merupakan teknologi pengisian cepat milik Oppo. Saking cepatnya, Oppo mengklaim bahwa dengan VOOC, hanya dengan mengisi daya selama lima menit, perangkat Oppo dapat digunakan untuk menelepon selama dua jam!

VOOC Flash Charge pertama kali diperkenalkan Oppo pada perangkat Oppo Find 7. Teknologi ini merupakan teknologi integral yang sudah terpasang langsung pada ponsel. Secara teknis, pengisian ini mengandalkan adaptor 5V/4A, ketimbang adaptor konvensional yang hanya berada pada arus 5V/2A.

Akun YouTube YugaTech pernah melakukan pengujian perbandingan kecepatan pengisian daya charger VOOC dengan charger konvensional 5V/2A. Hasilnya, dalam setengah jam pengisian, VOOC Flash Charge mampu menyumbangkan kapasitas sebesar 50% dari total kapasitas baterai, sementara pada pengisian konvensional, hanya 28% dari total kapasitas baterai. Pengujian itu juga menggunakan ponsel Oppo.

Uniknya, pengisian cepat yang dilakukan VOOC menyebabkan peningkatan temperatur ponsel. Alih-alih meningkatkan tegangan, Oppo memilih meningkatkan arus daya. Pasalnya, peningkatan tegangan bisa berujung fatal. Charger atau bahkan baterai ponsel bisa meledak karena suhunya terlalu tinggi.

 

Oppo R17 Pro jadi lebih greget

Tak puas dengan VOOC, Oppo menghadirkan teknologi pengisian daya yang jauh lebih cepat ketimbang sebelumnya, yakni Super VOOC. Teknologi ini pertama kali diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona. Adapun generasi awal Super VOOC mengadopsi konfigurasi 5V/16A, 80 Watt. Pengujian kala itu menunjukkan bahwa baterai dengan kapasitas 2500 mAh dapat diisi penuh dalam waktu 15 menit saja.

Setelah 29 bulan sejak didemonstrasikan, tepatnya pada 29 Juni 2018 Super VOOC meluncur pada perangkat Find X Lamborghini Edition. Sejak saat inilah Super VOOC dapat digunakan secara massal. Namun Super VOOC pada Oppo Find X berbeda dengan model yang diperkenalkan saat MWC 2016. Oppo menggunakan konfigurasi 5V/10A, 50 Watt. Hanya butuh waktu 35 menit bagi Super VOOC untuk mengisi penuh baterai berkapasitas 3400 mAh.

Di awal Januari 2019 lalu, Oppo memperkenalkan perangkat baru bernama Oppo R17 Pro. Smartphone ini pun dibekali dengan teknologi Super VOOC 10V/5A. Untuk diketahui, Super VOOC pada Oppo R17 Pro mengusung konsep baterai bi-cell. Alih-alih menggunakan satu baterai, di dalam Oppo R17 Pro tertanam dua buah baterai. Nah, Super VOOC akan membagi daya ketika mengisi kedua baterai tersebut secara bersamaan. Dengan kata lain, tegangan pada masing-masing baterai hanya 5V. Oleh karena itu, kendati memiliki tegangan 10V pada adaptornya, jumlah yang masuk hanyalah 5V pada masing-masing baterai, menjadikannya lebih aman.

Kebutuhan pengisian cepat menjadi salah satu hal vital pada sebuah smartphone. Tak ayal, beberapa manufaktur banyak yang menjanjikan teknologi ini. Oppo sendiri memiliki lebih dari 700 paten terkait dengan VOOC dan Super VOOC. Anggapan bahwa pengisian cepat hanya akan berujung pada cepatnya baterai ponsel terkuras habis. Namun tidak dengan Oppo R17 Pro. Smartphone ini dibekali dengan Snapdragon 710 dan AI Battery Management yang menjadikan konsumsi dayanya jauh lebih hemat.

Penting untuk diketahui bahwa Super VOOC merupakan sebuah ekosistem, artinya butuh perangkat integral untuk dapat menikmati fiturnya. Baik adaptor, kabel dan perangkat smartphone itu sendiri tidak terpisahkan. Ketiganya bakal bekerja sama menjalankan fungsi Super VOOC. Hal ini juga bertujuan untuk menjamin keamanan pengguna Super VOOC. Pasalnya, Oppo Super VOOC memiliki lima lapisan keamanan. Dua di ponsel dan tiga di bagian adaptor. Sistemnya akan mengalihkan pengisian daya menjadi biasa (tidak Flash Charge) jika mendeteksi adanya anomali.

Tak hanya itu, keamanan Super VOOC juga dijamin dari oleh Oppo. Teknologi ini sudah mengantungi sertifikat dari laboratorium Tuv Rheinland Jerman. Super VOOC telah lulus uji keamanan dan pengisian cepat, termasuk uji siklus 1000 kali pengisian daya dan 600 kali pengisian cepat.

Oppo R17 Pro merupakan perangkat pertama di luar edisi spesial Oppo yang hadir dengan Super VOOC. Fitur ini menjadi salah satu keunggulan R17 Pro ketimbang para pesaingnya di pasar. Super VOOC bakal membuat Oppo R17 Pro lebih greget ketimbang smartphone lainnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: